Inilah Makanan Pereda Nyeri Gigi Bayi Saat Gigi Tumbuh

Makanan Pereda Nyeri Gigi Bayi

Saat bayi Anda baru lahir ke dunia, ia lahir dalam keadaan ompong dan mengandalkan ASI Anda sebagai satu-satunya sarana mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembangnya lebih lanjut. Saat ia pada akhirnya menginjak usia 6 bulan, gigi-gigi muda akan mulai tumbuh yang juga menjadi penanda bahwa Anda sudah dapat memperkenalkan Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada bayi Anda. Akan tetapi, proses tumbuhnya gigi bukanlah hal yang menyenangkan bagi bayi akibat rasa nyeri yang dirasakannya. Bayi Anda otomatis akan menjadi lebih rewel dan serta menolak makanan lembut yang Anda berikan. Kira-kira adakah makanan pereda nyeri gigi bayi sehingga bayi Anda dapat mengkonsumsi MPASI dengan lancar?

Dan jawabannya: ada. Ada beberapa makanan pereda nyeri gigi bayi yang bisa Anda berikan pada bayi Anda semasa masa pertumbuhan giginya. Yuk Bunda, simak jenis-jenis makanan pereda nyeri gigi di bawah.

  • Mentimun

Sayuran dengan rasa menyegarkan ini memiliki khasiat yang tidak terduga, yaitu ia dapat meredakan rasa nyeri yang diderita bayi selama pertumbuhan giginya. Anda dapat mencampur mentimun yang sudah dihaluskan dengan bubur tim untuk bayi Anda.  Baca juga: Kenali dan Waspadai Tanda-Tanda Bahaya Kehamilan Muda

Anda juga dapat membuat finger food dari mentimun untuk bayi Anda. Finger food adalah cara yang sempurna dalam memperkenalkan cemilan yang sehat pada bayi Anda, finger food dari mentimun juga sangat sesuai bagi bayi untuk menyalurkan naluri teething-nya. Hanya saja, Anda perlu memotong-motong mentimun dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan bersihkan mentimun dari biji-bijinya.

 

Ditambah lagi, mentimun memiliki sifat hemostasis yang berfungsi memperlancar aliran darah di dalam gusi sekaligus mencegah pendarahan pada gusi yang mungkin dapat terjadi saat gigi bayi tumbuh

  • Pisang

Buah kuning dengan rasa manis ini bisa menjadi alternatif makanan untuk bayi yang tumbuh giginya. Rasanya yang manis sudah pasti disukai oleh bayi, dan juga tekstur buah yang lembut juga dapat dimakan oleh bayi dengan sangat mudah tanpa membuatnya kesakitan. Pilihlah buah pisang yang matang dan hancurkan buah pisang tersebut hingga benar-benar lembut.

  • Keju 

Produk olahan susu ini sangat terkenal akan kandungan kalsiumnya yang sangat tinggi. Kalsium tidak hanya bermanfaat untuk membantu memperkuat tulang tetapi juga memperkokoh gigi sehingga gigi anak Anda tidak mudah keropos.

Selain itu, keju memiliki rasa creamy dan asin yang sangat gurih sehingga sangat disukai oleh anak-anak, terutama bayi. Tekstur dari keju juga cukup kenyal dan pas sehingga tidak menyebabkan nyeri saat bayi mengunyahnya.

Demikianlah beberapa info mengenai makanan pereda nyeri gigi bayi. Semoga bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Inilah Makanan Pereda Nyeri Gigi Bayi Saat Gigi Tumbuh"