Inilah Perubahan Tubuh Pasca Melahirkan

No comment 157 views

Perubahan Tubuh Pasca Melahirkan

Hari persalinan adalah hari yang paling ditunggu-tunggu, dan di saat yang sama sangat mendebarkan bagi ibu hamil. Selama Anda menjalani masa kehamilan selama 9 bulan, Anda tentu merasakan berbagai macam perubahan fisik serta gejolak hormon. Perubahan yang sama pun akan Anda rasakan setelah Anda melalui proses persalinan, Moms. Perubahan tubuh pasca melahirkan adalah hal yang lumrah, sehingga Anda tidak perlu panik saat mengalami gejala-gejala berikut ini.

Perubahan tubuh pasca melahirkan yang pertama adalah perubahan pada vagina dan saluran kemih. Vagina Anda akan terasa merenggang dan terasa lebih sensitif. Selain itu, dari organ intim Anda akan keluar cairan darah selama beberapa minggu. Minggu-minggu keluarnya darah tersebut disebut dengan masa nifas, dan hal tersebut merupakan kejadian yang sangat alami. Keluarnya darah tersebut memiliki arti bahwa rahim Anda sedang melakukan pembersihan diri dengan menggelontor keluar sisa-sisa plasenta yang masih tersisa di dalam rahim. Haid Anda diperkirakan akan kembali normal sekitar 7-9 minggu setelah masa persalinan.

Perut Anda pun akan mengalami penyusutan, walaupun tentu saja hal tersebut terjadi selama bertahap. Hal tersebut dikarenakan rahim paling tidak membutuhkan waktu sekitar 1.5 -2 bulan sebelum rahim kembali ke ukuran normal. Menyusutnya perut Anda bisa jadi menimbulkan lipitan-lipitan lemak stretch mark. Stretch marks ini pada umumnya akan menjadi makin samar dan menyatu dengan warna kulit Anda, walaupun masih akan sedikit terlihat pada kulit Anda. Anda dapat memperkecil kemungkinan terbentuknya stretchmarks dengan berolahraga sit-up, yoga, dan terus mengkonsumsi makanan berserat dan rendah lemak.

Pergolakan hormon yang terjadi pasca persalinan bisa jadi menyebabkan timbulnya jerawat atau terjadi perubahan warna kulit di sekitar area mata. Beberapa wanita juga bisa mengalami ruam merah di sekitar mulut dan pipi, atau kulit menjadi kering. Walaupun gejala tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

Bersiap-siaplah untuk kecewa saat rambut Anda yang terlihat tebal dan bercahaya saat masa kehamilan perlahan-lahan kembali ke kondisi semula setelah hari persalinan. Tubuh Anda akan secara otomatis melepaskan kelebihan rambut yang tumbuh selama masa kehamilan. Hal tersebut disebabkan karena produksi kadar estrogen yang menurun kembali ke kadar normal setelah Anda melahirkan. Walaupun demikian, jangan khawatir Moms. Anda masih dapat menikmati rambut bercahaya Anda dalam jangka waktu 6-12 bulan setelah masa persalinan.

Semoga informasi mengenai perubahan tubuh pasca melahirkan ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Inilah Perubahan Tubuh Pasca Melahirkan"