Inilah Tips Atasi Rambut Rontok Semasa Kehamilan

Tips atasi rambut rontok selama kehamilan

Tips atasi rambut rontok selama kehamilan – Bunda, masa kehamilan tentunya menjadi saat yang membahagiakan bagi Anda. Anda dan pasangan pun tentunya senantiasa mengawal kondisi janin sehingga janin Anda tumbuh dengan baik hingga masa persalinan tiba. Dan di saat-saat awal hingga akhir kehamilan Anda akan merasakan berbagai macam perubahan fisik pada tubuh Anda, salah satunya adalah rambut rontok. Dan walaupun rambut rontok ini hanya bersifat sementara, tidak jarang hal tersebut membuat Anda sedikit khawatir dan takut bahwa Anda akan menjadi botak. Untungnya, ada beberapa tips atasi rambut rontok selama kehamilan yang bisa Anda coba.

Sebelum Anda mengetahui apa saja tips atasi rambut rontok semasa kehamilan, Anda perlu mengetahui bahwa kerontokan rambut adalah suatu hal yang sangat normal selama jumlah rambut yang rontok tidak lebih dari 100 helai/hari. Sedangkan bagi ibu hamil, kerontokan rambut dengan jumlah rambut rontok melebihi 100 helai/hari disebabkan oleh beberapa hal, yaitu faktor hormon kewanitaan seperti hormon estrogen dan progesteron. Hormon-hormon tersebut memicu produksi minyak kepala (sebum) yang lebih banyak dari biasanya. Minyak tersebut menyebabkan rambut menjadi lepek dan rapuh sehingga mudah rontok.

Kerontokan rambut tersebut juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi seperti protein, vitamin B, vitamin C, dan Zinc. Dan apabila itu adalah penyebabnya maka Anda wajib memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang memiliki vitamin A, B, C, zat besi, dan Zinc untuk membantu memperkuat akar-akar rambut sehingga rambut tidak mudah patah dan rontok. Baca juga: Bunda, Simak Prinsip Memilih Makanan Bayi Yang Baik Berikut

Selain itu, hentikan juga kebiasaan mengikat rambut dalam jangka waktu yang terlalu lama atau terlalu kencang. Gaya rambut yang diikat akan menarik rambut dan secara otomatis akan membuat rambut lebih mudah rontok.

Keramas dengan bahan shampoo yang lembut dapat membantu mencegah rambut lepek akibat produksi minyak kepala yang berlebihan. Dalam memilih produk shampoo Anda juga perlu lebih teliti. Jangan memilih produk shampoo dengan bahan kimia sulfatan anion yang berpotensi semakin merusak dan membuat rambut rapuh. Hindari juga penggunaan hair dryer saat mengeringkan rambut, dan juga, walaupun sangat menggoda, hindari penggunaan catok. Panas yang dihasilkan oleh alat penataan rambut tersebut akan menghilangkan kelembapan alami rambut dan menyebabkan rambut Anda kering dan semakin rapuh.

Demikianlah beberapa tips atasi rambut rontok semasa kehamilan.  Jika setelah melakukan perawatan-perawatan di atas Anda masih berhadapan dengan permasalahan rambut rontok dalam jumlah yang mengkhawatirkan maka ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Stay healthy, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Inilah Tips Atasi Rambut Rontok Semasa Kehamilan"