Iniloh Bunda Tips Tepat Mengatasi Perut Kembung Pada Anak!

gambar1

Mengatasi perut kembung pada anak – Perut kembung merupakan kelebihan gas yang masuk ke dalam tubuh disalurkan lewat pencernaan yang akan keluar melalui anus. Perut kembung sering dialami oleh orang dewasa ataupun anak – anak. Bau yang berasal dari perut kembung hidrogen sulfida yang berasal dari makanan dan nitrogen yang mengandung methanethiol, biasanya perut kembung sering di sertai dengan sakit perut, sendawa dan angin.

Berikut adalah penyebab dan cara mengatasi perut kembung pada anak yang harus anda ketahui :

Penyebab dan solusi untuk masalah perut kembung pada anak

  • Penyebab perut kembung pada anak

– Sistem pencernaan makanan pada anak yang kurang sempurna

– Perut kembung yang disebabkan oleh bakteri

– Gangguan motilitas

– Minum diantara sela – sela waktu makan

Itulah bunda beberapa penyebab perut kembung pada anak yang sering terjadi pada anak dan bersifat normal tapi apabila dibiarkan bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius. Perut kembung merupakan salah satu gejala yang bisa bahwa tubuh anda mengalami gangguan dan harus segera ditangani.

  • Cara mengatasi perut kembung pada anak

1. Periksa konsumsi makanan

Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan junk food, makanan olahan lainnya dan hindari juga makanan yang digoreng karena hal tersebut merupakan salah satu penyebab perut kembung. Dan bunda juga harus ingat jangan campurkan sayuran dan buah – buahan pada satu makanan yang sama.

2. Hindari makanan dengan porsi yang terlalu banyak

Makan dengan porsi yang terlalu banyak dapat menyebabkan kapasitas enzim pencernaan mengalami gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan fermentasi dan gas. Anda juga harus mengingatkan sikecil agar tidak minum diantara sela – sela waktu makan. Dan juga beritahu mereka akan makan secara perlahan dan mengunyah makanan lebih lama sehingga memungkinkan enzim dalam air liur untuk memecah makanan sebelum masuk kedalam lambung dan saluran pencernaan lainnya.

3. Bakteri pada makanan tertentu

Pembentukan gas pada umumnya memakan banyak karbohidrat dan juga gula tertentu. Jadi jika anak anda mengurangi jumlah karbohidrat atau bahkan menghilangkan maka secara signifikan jumlah gas juga akan ikut berkurang. Jika makanan yang terdiri dari permen, konsumsi daging yang berlebihan dan kadar serat yang sangat rendah maka bakteri akan mengganggu sistem pencernaan sehingga anak anda akan mengalami perut kembung atau gangguan pencernaan. Perut kembung juga bisa disebabkan karena banyak mengkonsumsi kubis, brokoli, gandum, dan bawang putih.

4. Minumlah jahe setelah makan

Minum jahe setelah makanan dapat membantu sistem pencernaan dengan baik dan juga mencegah perut kembung. Potonglah jahe setelah itu rebus dengan air yang sudah panas kemudian saring dan ambil airnya saja lalu sajikan kepada buah hati anda.

5. Memijat perut anak Anda

Pijat adalah salah satu cara tepat untuk mengatasi perut kembung, baik bagi balita, anak-anak maupun orang dewasa. Pakai beberapa tetes minyak zaitun pada tangan Anda, lalu pijat lembut perut buah hati Anda searah jarum jam selama 2-3 menit. Lalu pijat kembali selama 2 menit untuk membantu meringankan gas dan membuat anak Anda lebih mudah tertidur. Lakukan pijat ini beberapa kali dalam sehari.

Nah itulah bunda beberapa tips mengatasi perut kembung pada anak yang sangat mudah dan praktis. Biasakanlah buah hati anda untuk selalu makan makanan yang sehat sehingga tidak akan mengalami gangguan pada perut maupun sistem pencernaannya. Semoga bermanfaat bunda. Baca juga : Iniloh Penyebab Penyakit Anak Dirumah

author
No Response

Leave a reply "Iniloh Bunda Tips Tepat Mengatasi Perut Kembung Pada Anak!"