Iniloh Metode Sukses Potty Training Pada Balita!

potty training pada balita

potty training pada balita – Potty training atau melatih balita buang air besar ditoilet bisa dilakukan sejak dini, namun bunda juga harus ingat karena setiap anak memiliki kesiapan yang berbeda – beda. Namun bunda juga tidak perlu khawatir apabila balita baru mulai belajar atau mau mengajak keinginannya untuk belajar ke toilet saat menginjak usia 24 bulan. Bisa saja mereka masih belum bisa mengontrol keinginan buang air kecil atau BAB sehingga proses yang dilakukan harus secara bertahap – tahap.

Berikut adalah cara melakukan potty training pada balita yang bisa diajarkan oleh para orang tua :

Cara melakukan potty training pada balita

  • Potty training untuk balita

– Lakukan pelatihan potty training kepada balita selama kurang lebih tiga bulan. Jika dalam periode itu balita anda masih belum berhasil melakukannya sangat besar kemungkinannya balita anda masih belum siap melakukan potty training

– Gunakan potty atau tempat yang duduk yang dikhususkan untuk potty training atau dudukan khusus balita yang bisa membuat anak anda merasa nyaman.

– Ajak buah hati anda untuk duduk di atas potty setidaknya kira – kira 15 sampai 20 menit agar mereka bagaimana cara BAB dan buang air kecil dengan cara yang benar dan tepat.

– Berikan penjelasan jika anda merasa senang dan bangga apabila buah hati anda melakukan BAB atau buang air kecil dipotty sehingga mereka juga akan membiasakan diri untuk melakukan BAB ataupun buang air kecil pada tempatnya.

– Jangan pakas buah hati anda untuk melakukan potty training apabila tidak mau. Biarkanlah sikecil melakukan dengan kemampuan dan keinginannya sendiri dan lakukan potty training secara bertahap pada buah hati anda.

– Jangan memarahi sikecil apabila dia masih belum bisa mengontrol BAB atau buang air kecilnya. Karena kemampuan syaraf pengontrol mereka baru saja terbentuk.

– Berikan pujian apabila sikecil dapat melakukannya dengan baik.

– Gunakan kata kode untuk pergi ketoilet.

– Dan yang terakhir jika popok yang digunakannya basah maka ingatakan kepada mereka untuk memberitahu kepada anda.

Itulah metode sukses untuk melakukan potty training pada balita yang perlu dilakukan oleh orang tua. Apabila mereka masih belum siap untuk melakukan potty training maka jangan sekali – sekali untuk memaksanya biarkan mereka melakukan dengan kemampuannya dan lakukan secara bertahap. Semoga bermanfaat. Baca juga tentang Yuk Menyusun Catatan Kesehatan Anak!

author
No Response

Leave a reply "Iniloh Metode Sukses Potty Training Pada Balita!"