Iniloh Tips Sehat Mengatasi Kerak Kepala Pada Bayi Dengan Alami

gambar42

kerak kepala pada bayi – Kerak kepala sering terjadi pada bayi yang baru saja lahirKerak kulit kepala pada bayi ini biasanya disebabkan karena bekas cairan ketuban, lemak atau bahkan sisa hormon ketika ibu masih dalam keadaaan hamil. Menurut banyak sumber kerak kepala bayi ini lebih baik dibersihkan dengan alasan kesehatan karena dapat menimbulkan gangguan jangka panjang pada kulit kepala dan rambut seperti adanya ketombe, infeksi iritasi atau bahkan bisa menyebabkan gangguan kesuburan rambut.

Tapi perlu anda ketahui tidak gambang membersihakan kerak kulit pada kepala bayi ketika rambutnya masih utuh atau belum dipotong. Beriku adalah cara alami mengatasi kerak kepala pada bayi yang aman :

Mengatasi kerak kepala bayi secara alami dan aman

  • Pangkas rambut bayi dahulu

Meskipung dengan memangkas rambut bayi menyebabkan penampilan bayi kurang menarik, langkah memotong rambut dapat memudahkan anda untuk membersihkan kerak pada kulit kepalanya dan juga bermanfaat agar kulit kepala bayi tidak terlalu lembab akibat keringat yang keluar melalui pori – pori kulit kepala. Keringat yang keluar dari pori – pori kulit kepala bayi yang berlebihan dapat menyebabkan kerak yang ada dikulit kepala bayi menjadi tebal. Untuk bunda jangan khawatir jika penampilan sang bayi kurang menarik ketika rambutnya dipotong dengan seiringnya waktu rambut mereka akan tumbuh menjadi lebat dari sebelum rambut mereka dipangkas.

  • Baby oil atau minyak zaitun

Oleskan baby oil atau minyak zaitun secara merata pada seluruh permukaan kulit kepala bayi dengan menggunakan kapas yang lembut sambil berikan pijat kepala dengan lembut jika dirasa perlu agar bayi merasa nyaman. Pemberian minyak zaitun atau baby oil bertujuan agar kerak bayi menjadi lebih lunak sehingga mudah dibersihkan. Tunggu sekitar 10 sampai 15 menit kemudian bersihkan bekas baby oil atau minyak zaitun dengan menggunakan kapas lembut atau kain lembut yang dicelupkan pada air hangat. Dengan begitu kerak bayi akan terangkat dan kulit kepala bayi menjadi bersih.

  • Hindari membersihkan dengan kuku jari

Hindari atau jangan lakukan membersihkan kulit bayi dengan menggunakan kuku jari atau menggosok secara kasar menggunakan kain atau kapas. Selain dapat menyebabkan iritasi dan infeksi hal ini juga bisa menyebabkan bayi menangis karena merasa kurang nyaman. Lakukan proses seperti memberikan baby oil atau minyak zaitun kebagian kerak kepala yang membandel keesokkan harinya hingga kerak yang ada dikepala hilang atau bersih.

Demikianlah bunda tips cerdas untuk mengatasi kerak kepala pada bayi yang alami dan aman. Jaga selalu kebersihan kulit bayi dengan menggunakan shampo bayi saat mandi serta hingari menggunakan bedak pada kulit bayi agar tidak menyebabkan kerak pada kulit kepala bayi. Baca juga tetang Nutrisi Tepat Untuk Perkembangan Tulang Anak!

author
No Response

Leave a reply "Iniloh Tips Sehat Mengatasi Kerak Kepala Pada Bayi Dengan Alami"