Iniloh Trik Pintar Menyimpan ASI!

No comment 1290 views

Iniloh Trik Pintar Menyimpan ASI!

Cara menyimpan asi – ASI yang sudah diperah oleh ibu dapat digunakan untuk kemudian hari. Jika disimpan dengan benar dan tepat maka kualitas ASI tersebut tidak akan berkurang dan juga masih dapat untuk diberikan pada bayi anda. Metode penyimpanan ASI sangat berguna dan juga sangat penting untuk dilakukan oleh bunda yang sudah kembali aktif bekerja .

Berikut adalah cara menyimpan asi yang benar dan tepat :

Cara menyimpan ASI yang benar pada ibu yang sudah kembali bekerja

  • Tempat menyimpan ASI

Tempat yang baik untuk menyimpan ASI adalah tempat berbahan beling atau plastik dengan tutup yang kedap udara, misalnya botol susu ditutup rapat, atau kantong khusus untuk ASI. Jangan gunakan kantong yang bukan khusus untuk ASI, karena dapat pecah ketika dibekukan di dalam freezer.

  • Membersihkan tempat menyimpan ASI

Bersihkan botol atau wadah dengan air hangat dan sabun, kemudian bilas sampai bersih dengan air hangat atau disterilisasi dengan merebusnya seperti halnya mempersiapkan botol susu biasa, lalu biarkan kering secara alami. Berhati-hatilah untuk merebus tempat berbahan plastik, karena hanya plastik berlabel BPA-free yang aman bila terkena panas.

  • Lama penyimpanan ASI

– Jika ASI disimpan pada suhu ruangan maka dapat digunakan pada waktu 6 jam kedepan.

– Apabila ASI disimpan pada kotak pendingin maka dapat digunakan dalam waktu 24 jam kedepan.

– Jika ASI disimpan didalam lemari pendingin dengan suhu 4 derajat celcius atau lebih dingin maka bisa digunakan dalam waktu 5 hari kedepan. Simpanlah ASI pada ujung lemari pendingin dan jauhkan pada daging, telur atau makanan mentah lainnya.

– Jika disimpan pada freezer dikulkas satu pintu maka dapat digunakan dalam waktu 2 minggu kedepan.

– Dan jika disimpan pada freezer dikulkas dua pintu maka dapat digunakan dalam jangka waktu 3 bulan kedepan.

– Apabila disimpan pada freezer khusus dengan suhu -18 derajat celcius atau bahkan lebih dingin bisa digunakan hingga 6 bulan kedepan.

  • Cara menyimpan ASI yang benar

– Taruhlah ASI dalam wadah yang sudah bersih dan steril. Pastikan semua peralatan bersih untuk menghindari bakteri dalam ASI yang akan bunda simpan. Jangan sekali – sekali memasukkan ASI kedalam wadah yang terbuat dari plastik atau yang terbuat dari styrofoam.

– Beri jam dan masing – masing tanggal pada wadah yang akan disimpan.

– Dinginkan dalam lemari pendingin. Simpan dalam jangka waktu yang diijinkan kurang lebih 2 minggu.

– Jika akan dibekukan masukkan terlebih dahulu kedalam lemari pendingin selama semalam, kemudian baru masukkan kedalam freezer. Gunakan sebelum batas waktu yang diijinkan kurang lebih 3 – 6 bulan.

– Jika ASI beku dan akan dicairkan pindahkan ASI dari dalam freezer ke lemari pendingin dan biarkan selama semalaman. Setelah itu besoknya hangatkan untuk mencairkan ASI yang tela beku. Dan bunda harus ingat bahwa jangan membekukan ASI yang telah dipindahkan ke kulkas.

  • Pemberian ASI perahan

– Ambil ASI berdasarkan waktu perahan (ambil dulu ASI yang pertama diperah)

– Jika ASI beku, cairkan dibawah air hangat yang mengalir. Untuk menghangatkan tuangkan ASI kedalam wadah dan tempatkan wadh ASI diatas wadah lain yang berisi air panas.

– Goyangkan wadah ASI terlebih dahulu sebelum mengetes suhu ASI. Lalu tes dengan cara meneteskan ASI dipunggung tangan jika terlalu panas angin – anginkan supaya panasnya bisa turun.

– Jangan gunakan oven atau microvawe untuk menghangatkan ASI agar zat – zat penting yang ada didalam ASI tidak hilang.

Itulab cara menyimpan asi yang tepat dan benar. Lakukan hal – hal yang terbaik untuk buah hati anda salah satunya dalah dengan memberikan ASI secara teratur meskipun bunda wanita karir karena kesehatan buah hati adalah kunci utaman kebahagian pada setiap orang tua. Baca juga yuk tentang 4 Cara Tepat Membuat Bayi Sendawa

author
No Response

Leave a reply "Iniloh Trik Pintar Menyimpan ASI!"