Inkubator Alami Perawatan Bayi Prematur, Metode Kanguru

Bayi yang terlahir prematur atau dengan berat badan rendah umumnya membutuhkan perawatan bayi yang lebih intensif untuk membuatnya dapat bertahan hidup. Salah satu kebutuhan bayi prematur ini adalah kehangatan, terutama melalui dekapan dan sentuhan ibuhnya. Salah satu metode yang cukup efektif untuk perawatan bayi prematur adalah menggunakan metode kanguru.

Meniru apa yang dilakukan oleh hewan khas Australia tersebut, metode kanguru telah banyak diterapkan di berbagai belahan dunia. Muncul di Kolombia untuk pertama kalinya karena kekurangan inkubator, metode ini sempat dipandang sebelah mata hingga akhirnya benar-benar diketahui manfaatnya untuk membantu bayi berjuang hidup. Nah, seperti apa perawatan bayi dengan metode ini? Yuk, simak ulasan lengkap tentang metode kanguru berikut ini:

  1. Metode kanguru, apa maksudnya?

Metode kanguru atau istilah asingnya kangaroo mother care ini pertama kalinya dikenalkan oleh Rey dan Martinez dari Bogota, Kolombia. Metode ini merupakan ‘inkubator alami’ untuk bayi prematur atau dengan berat badan rendah. Cara ini terinspirasi oleh apa yang dilakukan induk kanguru untuk melindungi dan memberi kehangatan bayinya dengan meletakkannya di kantong tubuhnya.

  1. Bagaimana cara melakukannya?
  • Posisi kanguru. Ini dilakukan dengan cara meletakkan bayi di antara payudara ibu dengan posisi tegak, dada bayi menempel pada dada ibu. Agar bayi tak terjatuh, gunakanlah kemben atau selendang untuk menopang badannya. Jika suhu udara tak terlalu dingin, usahakan agar badan ibu dan bayi dapat bersentuhan secara langsung tanpa pakaian agar rasa hangat dapat maksimal menjalari bayi.
  • Periksa bayi. Selama bayi dalam dekapan, jangan lupa untuk selalu memeriksa suhu tubuhnya. Idealnya dilakukan setiap 6 jam sekali di 3 hari pertama perawatan ini dilakukan. Selanjutnya, suhu tubuhnya dapat dipantau setiap dua hari sekali. Jika dalam melakukan metode ini bayi didapati sulit bernafas, suhu badan dingin, muntah-muntah atau gejala lain, segera hubungi ahli medis terdekat.
  • Waktu. Untuk melakukan metode kanguru ini, sebaiknya memang 24 jam sehari. Untuk tahap permulaan, bisa dimulai dengan waktu minimal 1 jam yang selanjutnya ditingkatkan terus-menerus setiap pagi, siang, dan malam.

Itulah perawatan bayi prematur dengan menggunakan metode kanguru. Selain dapat membantu kelangsungan hidup buah hati, metode ini juga dapat lebih mendekatkan ikatan ibu dan anak secara lebih erat melalui dekapan dan sentuhan hangat seorang ibu.

author
No Response

Leave a reply "Inkubator Alami Perawatan Bayi Prematur, Metode Kanguru"