Jangan Biarkan Fobia Merusak Mental Anak, Hilangkan Dengan Cara Ini!

fobia pada anak

Fobia pada anak – Sebagian besar manusia memiliki ketakutan terhadap sesuatu bahkan sampai berlebihan yang kita kenal dengan fobia (phobia). Namun tahukah anda bahwa fobia itu terjadi karena adanya kenangan yang tidak menyenangkan di masa lalu yang mungkin pernah dialami sejak masih kanak-kanak. Jadi pengalaman hidup pada usia anak-anak maupun balita sangat berpengaruh pada dampaknya di usia yang lebih dewasa, salah satunya yaitu dampak mengenai fobia ini.

Untuk mencegah terjadinya fobia yang berkelanjutan pada anak dan balita maka Anda sebagai orang tua adalah kunci utama dalam mengatasi masalah ini. Karena orang tua lah yang mempunyai pengaruh dan kendali yang besar akan keteladanan dan juga pendidikan di rumah. Ada langkah-langkah yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua untuk mengatasi fobia pada anak Anda sehingga fobia tersebut bisa hilang dan tidak menjadi fobia yang berkepanjangan. Karena pada dasarnya memiliki fobia adalah suatu hal yang tidak baik dan mengganggu kehidupan.

Secara garis besar Fobia dibagi menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Fobia Spesifik

Ini adalah jenis ketakutan terhadap suatu objek tertentu seperti pada hewan, kondisi ruangan tertentu seperti gelap atau sempit, takut dengan warna-warna tertentu, dan lain sebagainya.

  1. Fobia Sosial

Ketakutan yang semacam ini adalah ketakutan terhadap keadaan di area sosial, seperti takut bila berada di keramaian, atau takut untuk menjadi pusat perhatian.

  1. Fobia Komplek

Seperti namanya maka ketakutan yang seperti ini adalah perpaduan antara fobia spesifik dan fobia sosial. Fobia semacam ini adalah fobia dengan tingkat yang sudah parah.

Bila fobia dibiarkan begitu saja pada anak, maka pertumbuhan mentalnya akan sangat terganggu dan akhirnya anak akan memiliki tingkah laku yang tidak wajar. Kami akan membantu Anda untuk mengatasi Fobia pada anak dengan memberikan tips-tips di bawah ini. Ayo disimak!

Cara menghilangkan phobia

  1. Langkah pertama Anda harus memperkenalkan pada anak sumber fobia tersebut. Maksudnya berikan pemahaman akan objek atau sesuatu yang membuatnya takut. Misalnya ia takut dengan semut atau serangga apapun. Maka anda bisa menjelaskannya dengancara yang lucu dan menyenangkan seperti berdongeng atau bercerita mengenai binatang tersebut.
  1. Jika anak Anda memiliki fobia terhadap lingkungan sosial sekitar maka anda bisa melatihnya dengan membawanya untuk bersosialisasi dengan banyak orang untuk melakukan komunikasi. Jangan malah dijauhkan dari sumber ketakutannya tersebut.
  1. Jika anak anda memiliki ketakutan terhadap kondisi tertentu seperti ruangan gelap, ketinggian, atau keramaian maka anda bisa melatihnya dengan cara yang menyenangkan seperti misalnya bermain sembunyi-sembunyi di dalam selimut yang gelap, atau cara mengatasi phobia ketinggian Anda bisa mengajarinya dengan melakukan olahraga seperti bergantung di tempat yang tinggi.

Tapi ingat harus dilakukan secara bertahap, jangan langsung memberikan pelatihan dengan intensitas sumber fobia yang terlalu tinggi. Misalnya anda memaksanya untuk berada di ruangan yang gelap, atau menempatkannya di tempat yang sangat tinggi. Ini malah akan memperburuk ketakutannya.

  1. Jangan menertawakan atau menghina ketakutannya itu, sebaliknya berikan dukungan dan semangat untuk usahanya dalam melawan ketakutan itu. Pastikan anak Anda merasakan bahwa ia sangat dicintai oleh keluarga sehingga ia akan berpikir bahwa ia tidak perlu takut karena ada orang-orang di sekelilingnya yang menyayanginya dan akan siap menolong dia.
  1. Dalam membimbingnya mengatasi ketakutan pastikan bahwa anak anda mengetahui tujuan terapi pada fobia nya tersebut. Jika anak anda merasa hal itu tidak bermanfaat baginya dia akan malah merasa dipermainkan karena diperhadapkan pada hal yang ditakutinya. Jadi berikan dia pengertian bahwa apa yang dilakukannya adalah untuk menghilangkan rasa takutnya terhadap sumber fobia tersebut.

Dalam mengatasi Fobia pada anak Anda harus sabar dan konsisten, tidak boleh terburu-buru yang malah menyebabkan ketidaknyamanan pada sang anak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! Baca juga di sini tips lainnya yang pastinya bermanfaat.

5 Tips Agar Anak Tidak Takut ke Dokter Gigi

Pengaruh Psikologi Anak Terhadap Perceraian

Ini Dia Tips Tepat Mengatasi Anak Yang Takut Gelap!

author
No Response

Leave a reply "Jangan Biarkan Fobia Merusak Mental Anak, Hilangkan Dengan Cara Ini!"