Jangan Marah Dulu! Ini Cara Atasi Anak Suka Bolos

Cara Atasi Anak Suka Bolos

Saat anak Anda beranjak besar, sudah menjadi kewajiban sebagai orangtua untuk memberikan fasilitas pendidikan dengan cara menyekolahkan anak-anak Anda. Dengan memberikan pendidikan yang cukup, Anda tentu berharap bahwa pengetahuan yang mereka dapatkan akan membantu mereka saat anak Anda beranjak dewasa. Akan tetapi, sekolah dengan sistemnya yang mengharuskan anak Anda bangun pagi-pagi sekali dan duduk mendengarkan penjelasan guru selama berjam-jam bisa jadi menerbitkan rasa bosan pada hati anak sehingga sebagai akibatnya mereka sering membolos sekolah dengan berbagai macam alasan. Tentu Anda jadi pusing kepala dibuatnya, ya? Akan tetapi sebelum Anda menyikapi tingkah anak Anda dengan memarahinya, ada baiknya Anda menyimak cara atasi anak suka bolos berikut.

Satu hal yang paling penting dalam cara atasi anak suka bolos adalah kelancaran komunikasi antara Anda sebagai orangtua dan anak Anda. Anda tentu tidak dapat membiarkan kebiasaan membolosnya sehingga menjadi kebiasaan karena hal tersebut akan lebih banyak merugikan anak Anda dengan kepribadian tidak disiplin dan suka menghindar dari tanggung jawab. Akan tetapi, jika Anda terlalu keras terhadapnya ia bisa jadi tidak hanya membenci sekolahnya tetapi ia juga dapat menyimpan kemarahan pada Anda, padahal siapa lagi tempat ia menceritakan keluh kesahnya selain kepada Anda?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu mengenai masalah yang dihadapi oleh anak Anda yang membuat ia gemar membolos. Bisa jadi ia membolos karena ia ditindas oleh teman-temannya, atau mungkin ia merasa minder karena tidak terlalu pandai dalam satu mata pelajaran. Jika anak Anda mengalami masalah bullying di sekolahnya, Anda dapat berdiskusi dengan guru kelas anak Anda, atau Anda juga dapat menemaninya belajar mata pelajaran yang tidak ia kuasai sehingga keesokan harinya ia dapat menjadi lebih percaya diri di kelas.

Sedangkan jika anak Anda membolos hanya karena ia merasa ‘malas’, maka mungkin Anda perlu mengajaknya berbicara dari hati ke hati. Anda dapat mengingatkannya kembali akan cita-citanya dan menasehatinya bahwa hal pertama yang harus ia lakukan untuk mencapai cita-citanya adalah dengan bersekolah dengan giat terlebih dahulu. Sebagai bentuk dukungan moral lainnya, Anda dapat menempelkan poster-poster public figure atau superhero idolanya di dinding kamar tidurnya. Dengan demikian, ia juga akan menjadi lebih termotivasi untuk menuntut ilmu di sekolah.

Demikianlah beberapa tips cara atasi anak suka bolos. Semoga membantu Anda, Bunda!

author
No Response

Leave a reply "Jangan Marah Dulu! Ini Cara Atasi Anak Suka Bolos"