Jenis Jenis Minyak Aromaterapi yang Baik untuk Ibu Hamil

Jenis Jenis Minyak Aromaterapi yang Baik untuk Ibu Hamil

Minyak aromaterapi untuk ibu hamil – Sudah sejak lama minyak aromaterapi dikenal memiliki efek positif untuk tubuh. Tidak hanya baunya yang dapat menyegarkan ruangan tapi juga bisa merilekskan, membangkitkan mood, serta menenangkan tubuh. Untuk itu minyak aromaterapi juga memiliki pengaruh yang positif untuk ibu hamil.

Seperti yang Anda ketahui bahwa ketika hamil, wanita akan merasakan stress karena banyak perubahab dalam hidupnya untuk itu agar tidak membahayakan dirinya sendiri maupun janin karena stress perlu penyeimbang kondisi hormonal ini yang bisa didapatkan dari minyak aromaterapi. Minyak yang berasal dari batang, daun, atau kelopak bunga ini sangat bagus untuk ibu hamil agar merasa lebih tenang selama proses kehamilan.

Untuk mengaplikasikan minyak aromaterapi ini, ibu hamil dapat menggunakannya untuk mandi, di selimut atau bantal. Akan tetapi Anda juga tidak boleh sembarangan menggunakannya karena ada aturan yang harus diperhatikan yaitu dengan menteskan minyak tidak lebih dari 2 tetes pada selimut dan bantal. Jika diguanakan untuk mandi maksimal cukup 4 tetes di bak mandi. Karena jenis – jenis minyak aromaterapi sangat beragam, berikut  jenis – jenis minyak aromaterapi yang cocok untuk ibu hamil.

Jenis Minyak Aromaterapi Terbaik untuk Ibu Hamil

  • Rosewood: Jenis minyak aromaterapi yang satu ini dipercaya dapat membantu ibu hamil tidur nyenyak.
  • Lavender: Mengurangi rasa sakit, merilekskan tubuh dan pikiran, mengatasi sakit kepala dan nyeri otot, menyamarkan stretchmarks.
  • Tangerine: Menyamarkan stretchmarks dan mengatasi sulit tidur pada ibu hamil
  • Bergamot: Wanginya ringan, mengatasi rasa sakit, meringankan depresi selama kehamilan dan setelah persalinan, meringankan gangguan pencernaan.
  • Lemon: Meringankan gejala morning sickness, sering digunakan dalam pijat untuk mengatasi varises.
  • Sandalwood: Anti-depresan dan mengatasi cytitis.
  • Eucalyptus: Anti-bakteri, serta dapat mengatasi batuk dan flu.
  • Neroli: Mengatasi masalah pencernaan, mengatasi kecemasan, mengurangi
  • Chamomile: Meringankan nyeri otot, sakit kepala, dan gangguan pencernaan, serta memiliki efek menenangkan.

Itulah jenis minyak esensial aromaterapi yang sangat baik untuk ibu hamil agar dapat menyeimbangkan tubuhnya selama kehamilan. Selain jenis di atas yang bisa digunakan ibu hamil, ada juga minyak aromaterapi yang harus dihindari oleh ibu hamil contohnya kayu manis, basil, juniper, cedarwood, thyme, cengkeh, lemongrass, rosemary, melati. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan takaran saat akan menggunakan minyak tersebut.

Selain jenis-jenis aromaterapi yang ternyata baik untuk ibu hamil, penggunaan aromaterapi ternyata memiliki risiko, lho. Tidak semua minyak esensial aman untuk digunakan selama masa kehamilan atau melahirkan, Bun. Menurut National Institute for Health and Care Excellence sebaiknya ketika hamil, Anda tidak menggunakan terlalu banyak minyak aromaterapi.

Sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau dokter, apakah aromaterapi yang akan Anda gunakan aman dan tidak memberikan efek apapun. Hal ini terutama jika Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, diabetes, epilepsi, masalah kulit ataupun alergi. Meskipun penggunaan aromaterapi bisa memberikan efek menenangkan pada ibu hamil, tetap periksa kandungan di dalamnya, ya, Bun?

Baca juga : Awas! Ini Bahaya Hipertensi pada Kehamilan

author
No Response

Leave a reply "Jenis Jenis Minyak Aromaterapi yang Baik untuk Ibu Hamil"