Keajaiban Pelukan Bunda untuk Perkembangan si Kecil

psikologi anak

Bunda, pernah tidak memperhatikan tingkah si Kecil saat berada dipelukan? Biasanya, si Kecil akan langsung meletakkan kepalanya ke bahu Anda dan tangisannya akan terdiam. Nah, itulah salah satu bukti jika pelukan ibunya memiliki arti penting yang berdampak pada psikologi anak. Oleh karena itu, selalu luangkan waktu untuk memeluknya meski Anda terlalu capek dengan pekerjaan yang menumpuk. Yuk, simak manfaat menakjubkan dari pelukan orang tua kepada buah hatinya berikut ini:

  • Meningkatkan Rasa Aman

Sebelum ia berangkat sekolah, sempatkanlah untuk memberikan pelukan hangat kepadanya. Mungkin hal ini terbilang sepele, tetapi memiliki efek yang cukup besar. Pelukan ini akan membuat si Kecil merasa aman sepanjang hari saat Anda meninggalkannya untuk bekerja. Selain itu, pelukan tersebut akan mengajarkan kepada si Kecil tentang sifat keterbukaan. Hal ini tentu saja baik untuk perkembangan karakternya sebab mengajarkannya bersifat jujur dan terbuka.

  • Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ketika orang tua memeluk si Kecil dan ia merasa senang, maka hormon oksitosin yang berfungsi menjaga kesehatan mentalnya akan aktif. Hormon ini akan memberikaan suntikan semangat untuk menjalani aktivitasnya serta rasa percaya diri yang kuat. Si Kecil akan mengartikan pelukan tersebut sebagai bentuk penerimaan dengan kondisinya. Dengan begitu, si Kecil akan lebih mudah menyelesaikan segala tantangan  dan permasalahan yang dihadapinya.

  • Mengurangi Depresi

Bunda perlu tahu, sering memberikan pelukan hangat kepada buah hati tersayang akan meningkatkan rasa cinta terhadap dirinya sendiri. Dengan begitu, si Kecil tidak akan mudah merasa kesepian dan depresi saat menghadapi tumpukan masalah.

  • Meningkatkan Optimisme

Gejala minder yang sering menjadi permasalahan beberapa orang tua dipicu oleh intensitas pelukan yang diberikan. Yah, pelukan Anda akan membantunya untuk menanamkan sifat optimis. Ketika si Kecil gagal, mungkin saja ia akan enggan untuk memperbaiki prestasinya.  Dengan pelukan hangat serta semangat yang diberikan orang tua, maka akan membangkitkan rasa optimisnya untuk bangkit dari kegagalan.

  • Meningkatkan Rasa Sayang

Semua orang tahu bahwa pelukan merupakan salah satu cara untuk mengungkapkan rasa cinta dan sayang kepada buah hati. Ternyata, kebiasaan Anda ini dapat memunculkan perasaan cinta terhadap sesamanya juga. Secara tidak sadar, pelukan hangat dari orang-orang terdekatnya akan membuat si Kecil memahami konsep rasa sayang.

Banyak kan, manfaat pelukan untuk perkembangan psikologi anak? Meski Anda dan suami sibuk bekerja, tetapi jangan lupa untuk menyempatkan diri memeluknya sebelum dan usai  dari kantor. Bunda senang kan memeluk si Kecil yang menggemaskan!

author
No Response

Leave a reply "Keajaiban Pelukan Bunda untuk Perkembangan si Kecil"