Kenali Mastitis, Musuh Utama Para Ibu Menyusui

Woman-breastfeeding-baby

Masa menyusui ASI eksklusif selama 6 bulan merupakan saat yang sangat penting bagi perkembangan bayi Anda. Dari ASI yang Anda berikan, bayi Anda akan memperoleh berbagai macam nutrisi yang ia butuhkan untuk mendukung tumbuh-kembangnya.Maka dari itu, bahkan pemerintah pun menyarankan para ibu untuk mendampingi pertumbuhan buah hatinya dengan memberikan mereka ASI di 6 bulan pertama kehidupan mereka. Tapi, tidak jarang ibu mengalami kendala dalam menyusui, salah satunya adalah mastitis. Apakah itu?
Mastitis adalah radang payudara yang seringkali diderita oleh para ibu menyusui pemula, walaupun tidak menutup kemungkinan ibu yang sudah lama menyusui pun bisa terkena peradangan ini. Penyakit ini tidak akan mencemari ASI, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kesehatan bayi Anda. Hanya saja, rasa sakit yang Anda rasakan dari salah satu payudara akan mengakibatkan ketidaknyamanan saat menyusui. Rasa sakit yang tak tertahankan pun ada kalanya membuat ibu enggan menyusui si kecil.
Radang payudara ini disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah akibat dari infeksi bakteri staphylococci, atau sering juga disebut dengan streptococci. Bakteri ini merupakan bakteri yang memang memiliki habitat alami di permukaan kulit manusia, tidak terkecuali kulit payudara. Akan tetapi, bakteri ini dapat menimbulkan infeksi apabila masuk ke dalam tubuh. Bakteri ini dapat masuk melalui luka di puting, dan kemudian menginfeksi saluran ASI.
Penyebab kedua diakibatkan oleh saluran aliran ASI yang tersumbat akibat adanya penumpukan sisa ASI yang tidak tuntas dikeluarkan. Apabila hal ini terjadi berulangkali, ASI tersebut akan menyumbat saluran ASI sehingga mengakibatkan pembengkakan.
Mastitis cukup mudah untuk dideteksi. Beberapa gejala dari mastitis antara lain salah satu payudara Anda terlihat memar dengan warna kemerahan dan nampak lebih besar akibat payudara lain akibat pembengkakan. Anda juga sering merasa gatal pada bagian payudara yang terinfeksi. Selain itu, saat Anda menyusui, payudara akan terasa perih dan nyeri. Anda juga akan menemukan benjolan yang terasa sakit saat disentuh pada area payudara. Gejala-gejala lain yang mengikuti antara lain dari puting keluar nanah serta terdapat pembesaran kalenjar getah bening pada area ketiak. Ibu juga akan mudah sekali merasa lelah.
Mastitis memang sangat merepotkan, karena tidak hanya membuat ibu kesakitan tetapi juga menghalangi kesuksesan program ASI eksklusif 6 bulan. Untungnya, mastitis bisa diatasi salah satunya dengan mengkompres payudara dengan air hangat atau memijat lembut payudara Anda sebelum menyusui. Hal tersebut ditujukan agar pembuluh darah menjadi lebih lebar sehingga memperlancar aliran ASI. Selain itu, hindari mengenakan bra ketat dan rajinlah memompa ASI secara berkala.

author
No Response

Leave a reply "Kenali Mastitis, Musuh Utama Para Ibu Menyusui"