Kenali Ragam Kertas untuk Kerajinan Tangan Origami!

Origami

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kerajinan tangan asal Negeri Sakura ini kan? Origami merupakan kerajinan tangan berupa lipatan kertas berbentuk aneka hewan, tumbuhan, maupun benda-benda lain yang sangat mirip dengan aslinya.

Jika selama ini di Indonesia kita hanya mengenal kertas lipat dengan jenis yang sama, origami ternyata menggunakan berbagai jenis kertas lipat yang berbeda bentuk dan fungsinya. Nah, bagi Anda yang ingin menguasai kerajinan tangan satu ini, simak dulu ragam kertas origami berikut:

  1. Duo Paper

Kertas jenis ini memiliki warna yang berbeda pada kedua sisinya dan merupakan salah satu jenis yang paling banyak digunakan dalam kerajinan tangan origami. Duo paper sangat dibutuhkan untuk membuat benda yang memiliki 2 warna, misalnya saja buah stroberi yang memiliki daun berwarna hijau dan bagian buah yang berwarna merah. Dengan teknik khusus, kedua warna tersebut dapat dimunculkan dalam buah stroberi kertas tanpa melakukan proses menggunting atau menempel sama sekali.

  1. Foil Paper

Kertas lipat jenis ini memiliki tekstur yang agak tebal dengan permukaan yang mengilat. Foil paper sering digunakan saat membuat kerajinan tangan origami berupa pakaian serta mahkota raja dan ratu yang membutuhkan kertas berwarna emas dan perak. Kertas ini tergolong sulit digunakan karena begitu terlipat, bekasnya akan terlihat sangat jelas sehingga Anda harus ekstra hati-hati saat menggunakannya.

  1. Washi

Washi merupakan kertas khas Jepang yang sangat tipis dan memiliki tekstur sedikit kasar. Kertas ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang baru belajar membuat kerajinan tangan origami karena sangat mudah dilipat bahkan hingga bentuk yang sangat kecil. Washi dengan kualitas baik dibuat manual tanpa menggunakan mesin, sehingga harganya pun seringkali lebih mahal dibanding kertas lipat lainnya.

  1. Chiyogami

Chiyogami pada dasarnya memiliki tekstur dan ketebalan yang sama dengan washi, hanya saja kertas ini memiliki motif dan warna pada permukaannya. Anda bisa menemukan chiyogami dengan motif bunga sakura, kereta kuda, hingga motif burung bangau yang sangat cantik dengan warna-warna pastel yang lembut. Kertas jenis ini cocok untuk kerajinan tangan origami yang tidak memiliki terlalu banyak lipatan seperti bentuk dompet ataupun buku.

  1. Animal Print Paper

Jenis kertas yang satu ini sangat populer di kalangan pecinta origami karena memiliki motif aneka kulit hewan seperti macan, zebra, ular, dan jerapah. Dengan menggunakan kertas lipat ini, Anda pun bisa membuat kerajinan tangan berbentuk hewan yang sangat mirip dengan aslinya. Di Indonesia sendiri sudah banyak dijual animal print paper dengan berbagai pilihan ukuran dan ketebalan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Membuat kerajinan tangan origami memang sangat mengasyikkan, terlebih lagi jika Anda berhasil menciptakan bentuk-bentuk rumit dengan kreasi sendiri. Namun bagi yang belum terbiasa, jangan khawatir! Saat ini ada begitu banyak buku panduan origami dan juga aneka kertas lipat yang dapat Anda temukan untuk membantu menghasilkan kerajinan tangan yang memanjakan mata.

No Response

Leave a reply "Kenali Ragam Kertas untuk Kerajinan Tangan Origami!"