Kenapa Bayi Harus Dibedong Saat Tidur?

No comment 2453 views

manfaat Membedong Bayi

Manfaat Membedong BayiMembedong bayi merupakan salah satu perawatan bayi yang sudah diwariskan dan dilakukan dari zaman nenek moyang dulu. Mereka melakukan ini bertujuan untuk melurukan kaki bayi baru lahir. Namun, meskipun alasan dari mereka ini kurang tepat, tetapi membedong bayi ini masih dilakukan banyak manusia modern.

Membedong bertujuan menguatkan punggung bayi dan memudahkan ibu baru melahirkan untuk menyusuinya.  Untuk mengetahui beragam manfaat membedong bayi, yuk simak informasi menarik berikut ini:

  • Membedong dapat mengurangi efek kejut atau refleks moro yang biasa terjadi pada bayi baru lahir. Hal ini biasanya terjadi saat ia memasuki tahapan tidur lelap (deep sleepy). Untuk menenangkannya kembali, bedonglah si Kecil sebelum tidur karena ia akan merasa dipeluk dan bisa tertidur lagi dengan cepat.
  • Jika si Kecil dalam bedongan, tentu memudahkan ibu untuk menyusui si Kecil. Sebab, tangannya yang bergerak-gerak akan menyulitkan ibu untuk menyusuinya. Dengan posisi bedongan tersebut, Anda tak perlu repot untuk mencari posisi yang pas sehingga ia dapat minum ASI dengan nyaman hingga kenyang. Si Kecil pun akan relatif tenang dan bisa menikmati ASI dengan baik.
  • Membedong bayi saat tidur mengurangi risiko terjadinya SIDS atau kematian bayi secara mendadak karena adanya penyumbatan pada pembuluh saluran napasnya. Bedong akan memaksa si Kecil untuk tidur telentang sehingga saluran napasnya bisa mengalir dengan lancar.
  • Bedong juga dapat membantu si Kecil lebih tenang tidur karena tubuhnya tetap hangat. Ia juga akan terlihat makin menggemaskan saat tidur dengan bedongan yang membalut tubuhnya.
  • Membedong bayi dapat membantu untuk menstabilkan suhu tubuhnya usai dilahirkan. Si Kecil membutuhkan adaptasi dengan lingkungan sekitar karena suhunya berbeda dengan rahim yang cenderung hangat.
  • Bedong juga memperkecil risiko bayi rewel karena kondisi sekitarnya yang cukup bising. Si Kecil akan lebih tenang dalam balutan kain tersebut karena merasa dirinya aman dan terlindungi. Ibu pun bisa meninggalkannya beberapa saat untuk menyelesaikan pekerjaan rumah ketika si Kecil dibedong.

Jika masih belum cukup mahir untuk membedong bayi sendiri, cobalah meminta bantuan kepada saudara atau neneknya yang lebih berpengalaman. Jangan lupa untuk mengoleskan minyak telon sebagai penghangat tubuh yang makin membuat tidurnya makin pulas. Sebelum menidurkan si Kecil di box tidurnya, pastikan sudah tak ada nyamuk yang hinggap di dalam kelambu. Rawatlah si Kecil dengan baik, ya!

author
No Response

Leave a reply "Kenapa Bayi Harus Dibedong Saat Tidur?"