Kesehatan Balita – 4 Cara Menjaga Kesehatan Balita

kesehatan balitaKesehatan Balita – Cuaca mempengaruhi kondisi tubuh, sudah lama orang ketahui. Bahkan melalui hasil penelitian, dapat juga mempengaruhi kejiwaan. Interaksi cuaca dengan tubuh (biometeorologic) mencatat seberapa besar kondisi biologis manusia dipengaruhi oleh pasang surut cuaca.

Bahwa cuaca juga memang bagian dari faktor lingkungan. Manusia sebagai host, dan bibit penyakit sebagai agent, serta lingkungan yang saling berinteraksi dalam keseimbangan. Jika keseimbangan di antara ketiganya terganggu, maka manusia akan jatuh sakit.

Berikut 4 langkah mudah (hampir semua orang bisa melakukannya) untuk menjaga kesehatan balita.

1. Makanan Bergizi yang Cukup
Makanan bergizi tidak harus mahal. Nasi ditambah dengan sayuran yang masih segar (bukan sayuran kemarin atau sayuran yang sudah dipanasi) sudah cukup dianggap sebagai makanan bergizi. Biasakan si kecil suka makan sayur agar tubuhnya tetap sehat. Berbagai sayuran mampu menyediakan vitamin, dan berbagai zat yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

2. Biasakan Makan Buah
Hampir semua jenis buah memiliki nilai gizi yang baik untuk anak. Buah-buahan tersebut tidak harus mahal. Pisang, jeruk, apel sangat baik untuk kesehatan anak. Bila anak kurang suka makan buah maka hidangkan buah tersebut dalam bentuk jus. Bila tidak memiliki alat untuk membuat jus maka parut saja buah tersebut dan ambil air (sari) nya saja. Sebagai catatan buah yang mudah dikunyah seperti pisan dan pepaya bisa diberikan secara langsung, sementara jeruk sebaiknya diperas saja.

3. Istirahat yang Cukup
Seorang anak kecil masih harus memiliki waktu tidur siang dan malam. Biasakan siang tidur minimal 1 jam dan malam minimal 8 jam. Dengan waktu istirahat yang cukup, tubuh dapat kembali memperbaiki dirinya dan melawan segala gangguan penyakit yang masuk ke tubuh. Anak yang kurang tidur biasanya mudah rewel dan juga mudah sakit.

4. Madu untuk Anak
Khasiat madu sebagai obat alami untuk menjaga kesehatan memang telah terbukti. Pemberian madu secara rutin kepada anak akan membuat anak lebih sehat dan tahan terhadap serangan penyakit.

No Response

Leave a reply "Kesehatan Balita – 4 Cara Menjaga Kesehatan Balita"