Kesehatan Gigi – Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Kesehatan gigi

Kesehatan Gigi – Anak-anak suka memakan makanan manis seperti cokelat, es krim, kue, dan makanan lainnya. Orang tua bisa mencegah anak mereka makan makanan manis, namun terkadang lubang pada gigi tak hanya disebabkan oleh makanan manis, tetapi juga hal lainnya.

Terkadang banyak orang tua yang kurang memperhatikan kesehatan gigi dan mulut anak hanya kerena mereka masih memiliki gigi susu yang cepat atau lambat akan lepas. Namun itu bukan alasan untuk tidak menjaga kesehatan gigi anak. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak.

  1. Gosoklah gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kapan waktu yang tepat untuk menggosok gigi? Setelah makan pagi dan sebelum tidur.
  2. Sekali dalam seminggu, berkumurlah dengan obat kumur. Ini dapat membantu mencegah terjadinya plak dan karang gigi.
  3. Sikat gigi dengan baik dan benar, yaitu dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi agar kesehatan anak tetap terjamin.
  4. Jangan biarkan anak terbiasa tidur sambil menghisap botol. Dokter anak dan gigi telah memperingatkan para orang tua untuk tidak membiasakan bayi atau anak yang lebih tua untuk tidur siang dengan sebotol jus atau susu formula dalam mulut mereka. Cairan manis dalam botol dapat menempel ke gigi bayi dan juga menyediakan makanan bagi bakteri yang hidup di mulut. Bakteri menghasilkan asam yang dapat memicu gigi berlubang.
  5. Pengobatan dengan berbagai rasa. Banyak obat-obatan untuk anak-anak yang diberikan berbagai Flavors. Jika menempel pada gigi, risiko kerusakan gigi akan naik. Antibiotik dan beberapa jenis obat asma juga dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih dari kandida (ragi), yang dapat menyebabkan infeksi jamur yang disebut oral thrush. Oleh karena itu, setelah minum obat, berikan segelas air untuk berkumur bagi anak. Metode ini menghindari plak terbentuk di gigi.

Kebanyakan orangtua mengira bahwa tindakan perawatan gigi hanya dapat dilakukan saat gigi muda pada bayi Anda mulai tumbuh. Faktanya, Anda justru harus sudah mulai memperhatikan kesehatan gigi bayi Anda bahkan sebelum gigi pertama bayi Anda muncul.

Caranya pun sangat sederhana. Yang Anda perlukan hanyalah mengelap gusi bayi Anda dengan menggunakan kain lap yang bersih dan sudah dibasahi dengan air hangat. Tujuan dari mengusap gusi bayi Anda adalah untuk menyingkirkan bakteri-bakteri jahat yang bisa jadi hinggap di gusi bayi. Kondisi gusi bayi yang sehat akan mendukung pertumbuhan gigi bayi yang kokoh sekaligus menghindarkan resiko bayi terkena gigi berlubang.

Di saat gigi bayi Anda mulai muncul satu persatu, Anda baru dapat menggosok gigi bayi Anda dengan menggunakan sikat gigi yang dirancang khusus untuk bayi. Gunakan pasta gigi berfluoride dalam kadar yang sangat kecil. Hal tersebut bertujuan agar jika sewaktu-waktu pasta gigi tersebut tertelan (dan pastinya akan tertelan), maka jumlah yang masuk ke dalam tubuh bayi terlalu kecil sehingga tidak mengakibatkan timbulnya noda pada gigi anak Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengajarkan kebersihan serta kesehatan gigi pada anak mereka. Jangan remehkan kesehatan gigi anak, karena kesehatan gigi juga penting dan bisa berpengaruh pada pertumbuhan serta kesehatan otak mereka.

No Response

Leave a reply "Kesehatan Gigi – Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak"