Ketahui Penyebab Ambeien Ancam Kesehatan Ibu Hamil

wanita hamil

Ambeien pada ibu hamil– Menjalani peranan sebagai wanita hamil bukan suatu perkara mudah. Sebab, banyak sekali hal yang harus diperhatikan agar tubuh tetap sehat dan bertenaga. Banyak penyakit yang mengintai ibu hamil seperti wasir atau ambeien. Jika awal kehamilan sembelit menjadi masalah pencernaan yang sering mengganggu, tetapi seiring bertambahnya usia kandungan wasir menjadi penghambat aktivitas.

Lantas, hal apa saja yang menyebabkan ambeien pada ibu hamil? Nah, kali ini Anda harus menyimak dengan baik beberapa hal pemicu wasir seperti berikut ini:

  • Perubahan Hormon Tubuh

Saat hamil, tubuh akan merasa ada sesuatu yang berbeda dan sering mengami gejala morning sickness. Nah, salah satu pemicunya yaitu perubahan hormon yang mengalami kenaikan secara drastis. Hormon-hormon ini berfungsi untuk memperkuat janin yang berada dalam rahim ibu. Namun, di wakti bersamaan, hormon ini juag menghambat gerak peristaltik otot pencernaan supaya perjalanan makanan berjalan dengan lancar hingga saluran pencernaan. Hal inilah yang menyebabkan wasir yang begitu menyiksa ibu hamil.

  • Janin yang Makin Besar

Pertambahan usia kandungan tentu membuat janin makin besar. Hal ini menyebabkan sejumlah pembuluh darah di sekitar perut dan panggul semakin terdesak. Akibatnya, peredaran yang makin meningkat menjadi terhambat untuk mengalirkan ke seluruh tubuh.

  • Sembelit

Tak dapat dipungkiri jika wasir dan sembelit menjadi dua hal yang tak terpisah. Sembelit menjadi gejala awal ambeien pada ibu hamil. Kekurangan asupan zat besi dan serat juga bisa memicu terjadinya wasir. Konsumsilah makanan kaya serat seperti sayur hijau dan buah agar pembuangan berjalan dengan lancar. Selain itu, memenuhi kebutuhan serat yang baik akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan berstamina.

  • Kurang Gerak

Saat hamil, Anda tidak boleh bermalas-malasan dan banyak melakukan aktivitas tubuh. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih sehat dan mempersiapkan kondisi fisik untuk menghadapi persalinan. Gerakan ringan ini akan memperlancar sistem pencernaan dan membakar kalori tubuh. Anda bisa mengikuti kelas yoga atau senam khusus ibu hamil agar lebih semangat untuk melakukannya secara rutin.

Nah, mudahkan menghambat ambeien pada ibu hamil? Jika Anda merasakan terdapat sesuatu yang bermasalah pada pencernaan, segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. Mintalah saran pada mereka agar segala keluhan hamil tersebut bisa teratasi dengan baik. Lakukan yang terbaik untuk saat hamil, ya!

author
No Response

Leave a reply "Ketahui Penyebab Ambeien Ancam Kesehatan Ibu Hamil"