Ketahui Penyebab Penyakit Kuning pada Bayi ini!

No comment 1333 views

Ketahui Penyebab Penyakit Kuning pada Bayi ini!

Penyebab Bayi kuning – Jaundice atau biasa dikenal dengan penyakit kuning yang menyerang bayi baru lahir. Kasus ini memang lumrah dialami oleh bayi baru lahir, sebanyak sekitar 60 persen. Ciri – ciri bayi yang mengalami penyakit kuning ini terlihat dari warna kulitnya yang terlihat kekuningan.

Walaupun bayi kuning ini umum terjadi namun karena ketidak tahuan sehingga hal ini menjadi kecemasan tersendiri oleh orang tua. Sebagian bayi membutuhkan penanganan sederhana untuk mengatasi penyakit ini namun ada juga yang memerlukan pengobatan secara intensif. Bayi yang terserang penyakit kuning dalam jangka waktu yang lama harus segera ditangani agar tidak terjadi hal – hal yang membahayakan seperti gangguan otak pada bayi.

Agar Anda lebih tau mengenai penyebab bayi kuning, berikut adalah sedikit pengetahuan tentang penyakit kuning yang menyerang bayi baru lahir yang dibawakan oleh tim katalogibu.com.

Penyebab bayi mengalami penyakit kuning

1. Akumulasi bilirubin yang berlebihan
Bayi kuning secara fisiologis memang disebabkan oleh akamulasi bilirubin yang berlebihan. Bilirubin sendiri merupakan produk sisa sampingan yang terjadi saat darah merah pecah. Terjadinya penyakit kuning pada bayi karena organ hati belum matang sehingga tidak bisa bersaing dengan pengolahan bilirubin. Hal ini menyebabkan warna merah pada darah tidak berlangsung sempurna sehingga kulit dan mata bayi akan berwarna kekuningan.

2. Darah ibu dan bayi tidak cocok
Apabila sejak lahir bayi dan ibu memiliki jenis darah yang berlainan maka bisa terjadi pembentukan antibodi di dalam darah ibu yang melakukan perlawanan pada darah bayi. Inilah yang menyebabkan sel darah merah pada bayi dapat memicu bayi kuning. Baca juga : Kenali 5 Ciri Bayi Alergi Susu Sapi Berikut!

3. Kerusakan hati dan infeksi darah
Hal lain yang menyebabkan bayi kuning yaitu kerusakan hati, gangguan pencernaan, memar pada tubuh bayi karena proses persalinan dan infeksi darah.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan bayi kuning, pada kasus bayi kuning yang normal akan terjadi dalam selang waktu hanya 3 hingga 4 hari saja. Jika lebih dari itu bahkan hingga satu minggu tak kunjung sembuh maka digolongkan penyakit kuning yang membahayakan bayi dan harus segera mendapat perawatan intensif. Cara tradisional yang dilakukan untuk menangani penyakit kuning pada bayi yaitu menjemur bayi di bawah sinar matahari pagi sekitar pukul 7 hingga 8 pagi selama 15 menit.

author
No Response

Leave a reply "Ketahui Penyebab Penyakit Kuning pada Bayi ini!"