Kiat Bersihkan Tempat Penyimpanan Makanan dari Plastik

Kotak Makan Plastik

Tempat penyimpanan makanan yang terbuat dari plastik menjadi satu peralatan makan yang praktis, tidak mudah rusak dan harganya lebih murah dibandingkan dengan tempat penyimpanan makanan dari bahan lain. Sayangnya, tempat penyimpanan makanan dari plastik ini sangat mudah terkena noda dan kadang susah dibersihkan, terutama ketika digunakan untuk menyimpan bahan yang mengandung asam seperti saus tomat.

“Tupperware”, “Lock & Lock” atau apapun merek tempat penyimpanan makanan yang Anda miliki harus dibersihkan dengan baik dan benar agar awet dan tetap terlihat seperti baru. Berikut beberapa tips untuk membersihkan tempat penyimpanan berbahan plastik:

  • Bilas dengan air panas

Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah bilas dahulu tempat penyimpanan makanan dengan air panas, terutama setelah digunakan untuk menyimpan makanan berlemak. Setelah itu, baru dicuci dengan air hangat, spons lembut dan juga sabun pencuci piring.

Jika Anda menggunakan mesin pencuci piring, hal ini juga bisa tetap dilakukan. Bilas dengan air panas terlebih dahulu dan bersihkan semua sisa makanan baru dimasukan ke dalam mesin pencuci piring. Gunakan air hangat saat mencucinya.

  • Gunakan cuka

Gunakan cuka untuk membantu membersihkan noda yang membandel. Tambahkan 2-3 sendok makan cuka ke dalam mesin pencuci piring dan cuci dengan air hangat. Selain dapat menyingkirkan noda, cuka juga bisa menghilangkan bau. Cuka juga sangat efektif membersihkan noda kopi atau teh.

  • Jemur di bawah matahari

Cahaya matahari juga dapat digunakan untuk membersihkan noda tempat penyimpanan makanan dari plastik. Anda hanya perlu menjemurnya di beranda atau di depan pintu selama beberapa jam dan noda akan mulai memudar atau hilang sama sekali.

Jangan lupa untuk mencuci kembali tempat penyimpanan makanan setelah menjemurnya. Normalnya, Anda hanya perlu menjemur selama 2-3 jam untuk kasus noda ringan.

  • Gunakan pemutih

Jika cuka dan menjemur tempat penyimpanan makanan belum berhasil menghilangkan noda, gunakan pemutih untuk membersihkannya. Campurkan satu tutup botol pemutih dengan satu atau dua bagian air kemudian rendam tempat penyimpanan makanan tersebut sekitar 1 ½ jam. Setelah itu cuci dengan sabun pencuci piring dan air panas.

Anda harus berhati-hati saat menggunakan cairan pemutih, jadi pastikan ruangan yang digunakan untuk mencuci memiliki ventali yang baik dan kenakan sarung tangan kulit untuk melindungi tangan tangan Anda.

  • Bilas sisa sabun

Pastikan tempat penyimpanan makanan bersih dari sisa sabun karena dapat mengurangi efektifitas saat melakukan pencucian.

Tempat penyimpanan makanan dari plastik yang berkualitas bagus biasanya dapat di cuci dengan air panas. Jika tempat penyimpanan makanan tersebut tidak dapat bertahan saat dicuci dengan air panas, sebaiknya Anda membuangnya dan jangan menggunakannya untuk berulang kali. Belilah tempat penyimpanan makanan yang dapat digunakan untuk microwave sehingga aman saat dicuci dengan air panas.

No Response

Leave a reply "Kiat Bersihkan Tempat Penyimpanan Makanan dari Plastik"