Kiat Sukses Membentuk Karakter Positif Anak!

No comment 976 views

Kiat Sukses Membentuk Karakter Positif Anak!

Karakter anak – Memiliki anak yang sehat, cerdas, serta memiliki kepribadian yang baik merupakan idaman setiap orang tua. Mungkin Anda bisa melihat bahwa memang sebenarnya anak memliki sikap dan karakter yang berbeda – beda, namun membentuk karakter anak adalah hal yang harus dilakukan agar anak berperilaku positif.

Membentuk karakter positif anak memang tidak mudah seperti yang Anda bayangkan tapi hal itu bisa dilakukan jika Anda mempunyai pengetahuan dan informasi yang banyak. Sebelum membahas lebih jauh, sebenarnya apa yang dimaksud dengan karakter tersebut? Karakter merupakan watak atau kepribadian seseorang yang digunakan untuk menentukan cara berfikir, bersikap, bertindak, dan cara pandang hidup.

Lalu yang dapat disebut dengan karakter positif yaitu segala perilaku yang dapat diterima dengan baik sesuai dengan budaya, agama, serta norma yang berada di masyarakat. Lantas apa yang harus orang tua lakukan agar anak mempunyai karakter positif? Berikut ulasannya untuk Anda.

Cara membentuk karakter positif anak

1. Beri contoh hal positif terus menerus
Untuk membentuk karakter anak menjadi positif Anda harus melakukan atau memberi contoh hal – hal yang positif tentang bagaimana berperilaku yang baik itu. Misalnya saat bertemu orang harus meyapa, bersenyum atau memberikan salam.

2. Beri penjelasan
Tidak hanya menyontohkan atau menyuruh anak berperilaku positif saja, namun Anda juga harus menjelaskan kenapa hal tersebut dilakukan. Dalam memberikan penjelasan bunda harus menyesuaikan dengan kemapuan anak dalam berkomunikasi agar dapat diterima dengan baik.

3. Pembiasaan
Karena membentuk karakter anak tidak mungkin bisa berhasil dalam satu waktu saja oleh karena itu lakukan pengulangan agar anak terbiasa. Memang butuh waktu yang lama untuk membiasakan anak berperilaku baik namun jika Anda bersabar akan mendapatkan manfaatnya.

4. Lakukakan koreksi
Jika anak secara sengaja ataupun tidak melakukan kesalahan atau bersikap kurang sopan Anda harus segera mengoreksi, jangan beranggapan jika dia “masih anak – anak” kemudian Anda mendiamkannya. Jika dibiasakan dari kecil akan berlanjut hingga dia dewasa nanti.

Perlu kesabaran yang ekstra untuk membentuk karakter anak menjadi positif, untuk itu jangan sampai terlambat! Anda bisa memulai membiasakan sejak anak usia dini. Baca juga : Jangan Salah Vonis! Kenali Penyebab Anak Hiperaktif Berikut

author
No Response

Leave a reply "Kiat Sukses Membentuk Karakter Positif Anak!"