Ladies, Inilah Cara Mengatasi Nyeri Haid

No comment 157 views

Cara Mengatasi Nyeri Haid

Haid, atau menstruasi adalah sebuah siklus biologis yang akan dialami oleh semua perempuan dimulai dari saat Anda menginjak masa remaja dan baru akan berhenti setelah Anda menginjak masa menopause. Dan sebagian dari Anda mungkin akan mengalami kram di bagian rahim, yang lebih dikenal dengan nyeri haid. Skala dari rasa nyeri tersebut pun cukup beragam, mulai dari nyeri ringan yang hanya muncul sesekali, hingga rasa nyeri yang teramat sangat sehingga mengganggu konsentrasi, bahkan tidak jarang membuat Anda jatuh pingsan. Lalu, bagaimanakah cara mengatasi nyeri haid?

Semua perempuan memang paling tidak wajib memiliki sedikit pengetahuan mengenai cara mengatasi nyeri haid. Pasalnya, walaupun nyeri haid merupakan hal yang wajar terjadi, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak dari Anda yang merasa terganggu. Pada saat menstruasi  dinding rahim Anda akan mengalami peluruhan karena tidak adanya pembuahan sel telur. Untuk membantu proses kontraksi rahim, tubuh memproduksi sebuah zat hormon yang dinamakan prostaglandin, dan pada beberapa perempuan produksi zat tersebut cukup tinggi dan membuat rahim terasa nyeri akibat kontraksi yang terlalu kuat. Itulah yang menyebabkan beberapa wanita mengalami skala rasa nyeri yang berbeda-beda.  Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Cabut Gigi?

Akan tetapi untungnya, terdapat beberapa cara untuk membantu mengatasi nyeri haid yang Anda alami. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi sayuran dan makanan rendah lemak dan minuman teh hangat untuk membantu mengatasi peradangan pada otot rahim. Air kunyit juga telah terbukti sangat efektif dalam membantu meredakan rasa sakit akibat nyeri haid. Untuk memaksimalkan efeknya, Anda dapat mengkonsumsinya ketika Anda memasuki masa PMS atau beberapa hari sebelum haid.

Olahraga juga dipercaya sebagai cara membantu meredakan menstruasi. Ketika Anda berolahraga, tubuh Anda akan memproduksi hormon endorfin yang membantu membuat sistem syaraf Anda menjadi lebih rileks sehingga paling tidak akan meringankan nyeri haid yang Anda rasakan. Akan tetapi, mungkin Anda merasa berolahraga bukanlah ide yang bagus terutama jika di saat yang sama Anda juga menderita anemia. Jika demikian Anda dapat memilih metode alternatif lain yaitu dengan menggunakan jasa akupuntur untuk membantu melemaskan sistem syaraf Anda.

Cara mengatasi nyeri haid lain yang cukup sering digunakan adalah dengan berendam air hangat atau mengkompres perut Anda dengan botol berisi air hangat. Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan mengkonsumsi obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen dalam dosis yang ditentukan oleh dokter Anda.

Demikianlah beberapa cara mengatasi nyeri haid. Semoga informasi ini bermanfaat, ladies!

author
No Response

Leave a reply "Ladies, Inilah Cara Mengatasi Nyeri Haid"