Lakukan Cara Ini Untuk Bikin Bayi Tidur Pulas

membuat bayi tidur nyenyak

Membuat bayi tidur– Banyak orang tua yang mengeluhkan apabila si Kecil tidak bisa tidur nyenyak. Sebab, ia akan rewel dan kadang mudah marah. Hal ini tentu makin merepotkan Anda ketika harus berbagi tugas dengan pekerjaan rumah yang belum terselesaikan. Lantas, bagaimana cara membuat bayi tidur dengan nyenyak? Oleh karena itu, yuk baca informasi menarik berikut ini:

  • Empeng

Meskipun banyak orang tua yang suka si Kecil ngempeng, tetapi cara ini cukup efektif membuatnya tidur pulas. Lepaskan empeng dari mulutnya ketika Anda sudah yakin bahwa siĀ  Kecil telah tertidur dengan nyenyak. Beberapa bayi terkadang terbangun ketika empengnya dilepaskan dari mulutnya. Oleh karena itu, berhati-hatilah agar ia tak terbangun saat melepasnya.

  • Bedong

Bagi bayi yang masih berusia di bawah 3 bulan, bedong terbilang cukup nyaman untuk membuatnya tidur nyenyak. Bungkuslah bayi dengan bedong tetapi jangan terlalu ketat agar tidak mengganggu saluran napasnya. Pilihlah bahan yang terbuat dari katun sehingga menyerap keringat bayi dengan baik dan lembut di kulitnya.

  • Mainan Kesayangan

Memasuki usia 10 bulan, si Kecil mulai ada ketertarikan dengan beragam mainan. Bahkan, ia tak dapat dipisahkan dari benda kesayangannya tersebut. Manfaatkanlah mainan kesayangannya tersebut untuk menemaninya tidur. Jika si Kecil membuka matanya, ia takkan menangis ketika melihat benda kesayangantersebut masih berada disampingnya.

  • Lampu Temaram

Bukan hanya orang dewasa saja yang mudah mengantuk ketika berada di ruangan yang sedikit gelap. Bayi pun mengalami hal sama ketika lampu kamarnya diganti dengan lampu tidur yang agak redup. Pilihlah lampu yang berwarna kuning karena tidak akan mengganggu penglihatannya. Sebab, jika terlalu terang atau redup, dapat membahayakan kesehatan mata si Kecil.

  • Pijat Bayi

Memijatnya dengan lembut akan membuat tubuh bayi terbuai dan merasa rileks. Lama-lama, ia tak dapat menahan rasa kantuk sehingga tertidur dengan pulas. Setelah napasnya cukup teratur, lepaskan tangan Anda dari tubuhnya dan biarkan ia bermimpi indah.

  • Menyusui

ASI merupakan minuman favoritnya sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengantarkan si Kecil pada tidurnya yang nyenyak. Perut yang kenyang juga dapat membuat tidur si Kecil nyaman dan pulas.

Mudah kan, membuat bayi tidur pulas? Kualitas tidur yang baik dapat membantu untuk memaksimalkan pertumbuhan bayi. Dukunglah pertumbuhannya dengan memberikan perawatan bayi yang baik agar ia makin bangga dengan orang tuanya. Lakukan yang terbaik untuk si Kecil, ya!

author
No Response

Leave a reply "Lakukan Cara Ini Untuk Bikin Bayi Tidur Pulas"