Lakukan Ini Agar Persalinan Lancar

No comment 2533 views

persalinan lancar

Memasuki usia 9 bulan memang membuat hari ibu hamil makin berdebar-debar karena tak sabar untuk menanti buah hati tersayang. Selain mempersiapkan segala perlengkapan bayi, jangan lupa untuk lebih mempersiapkan diri dalam menyambut persalinan. Kesiapan mental dan fisik ibu hamil dari minggu-minggu akhir ini sangat menentukan proses persalinan yang akan dijalaninya.

Tentu saja, setiap wanita hamil mengharapkan agar persalinannya berjalan dengan lancar dan bayi yang dilahirkan sehat serta sempurna. Kali ini, redaksi telah merangkum cara-cara mudah agar persalinan berjalan lancar seperti berikut ini:

  • Olahraga Ringan

Bukan hanya ketika memasuki usia kehamilan 9 bulan saja ibu hamil rutin berolahraga, tetapi sejak awal kehamilan harus sudah dilakukan. Meski perut saat ini sudah sangat membuncit, aktivitas ini harus tetap dilakukan. Untuk itu, pilihlah olahraga ringan danĀ  berguna untuk menguatkan otot-otot perut seperti jalan santai, berenang, jalan kaki, dan berenang. Agar lebih yakin, konsultasikan dengan dokter Anda mengenai jenis olahraga yang cocok untuk usia kehamilan 9 bulan ini.

  • Menghindari Stres

Usia kehamilan yang sudah memasuki 9 bulan ini sebaiknya jangan banyak memikirkan sesuatu yang dapat memicu stres. Sebab, stres dapat memicu kontraksi dalam perut sehingga terjadi kelahiran bayi yang belum waktunya dilahirkan. Selain itu, stres juga bisa memicu perubahan tekanan darah ibu hamil yang bisa mempengaruhi kondisinya. Untuk menghindari stres, sebaiknya gunakanlah waktu santai Anda dengan aktivitas yang menyenangkan agar tubuh relaks dan siap menghadapi persalinan yang menegangkan.

  • Makin Romantis dengan Suami

Banyak menghabiskan waktu bersama suami ternyata dapat mempengaruhi kondisi ibu hamil yang sedang tegang menghadapi persalinan. Berduaan dengan suami akan membuat pikiran ibu hamil makin relaks, santai, dan bahagia serta menciptakan kedekatan antara ayah dan janin. Meski si Kecil belum melihatkan wajahnya, ia pasti sangat bahagia ketika kedua orang tuanya bersikap romantis.

  • Senam Hamil

Lakukanlah senam yang dikhususkan untuk ibu hamil, dengan melakukan senam hamil, maka gerakan-gerakan yang ada pada senam tersebut dapat membantu melenturkan area pada jalur persalinan bayi.

  • Lakukan Latihan Birthing Balls

Latihan ini adalah latihan dengan menggunakan bola, biasanya Anda bisa mendapatkan latihan ini pada tempat senam atau yoga yang khusus melayani latihan fisik untuk ibu hamil. Gerakan pada birthing balls ini menggunakan bola senam yang biasanya digunakan saat senam atau pilates, dengan melakukan latihan ini maka akan membantu mendorong bayi pada posisi yang tepat pada jalur kelahiran.

  • Melakukan Stimulasi Payudara

Ada cara yang unik untuk membantu melancarkan persalinan yaitu dengan menstimulasi puting payudara. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan hormon oksitosin untuk membantu rahim berkontraksi lebih maksimal. Lakukan stimulasi ini dengan bantuan suami Anda, namun jangan sampai menstimulasi berlebihan karena proses kontraksi juga bisa berlebihan dan menyebabkan bahaya pada bayi.

  • Cukup Tidur

Tidur merupakan bentuk istirahat yang membuat badan akan lebih rileks dan segar kembali usai bangun tidur. Selain itu, tidur juga bisa membuat otot-otot yang tegang kembali seperti semula dan bisa membuat tubuh kembali bertenaga usai banyak aktivitas yang dilakukan seharian.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa membuat persalinan berjalan dengan lancar. Jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi makanan dan minuman yang bergizi agar si Kecil lahir dengan sempurna. Ibu hamil, berikan yang terbaik untuknya, ya!

author
No Response

Leave a reply "Lakukan Ini Agar Persalinan Lancar"