Lakukan Ini Agar Tulang Si Kecil Sehat

No comment 1510 views

kaki bayi sehat

Halo Ibu, bagaimana kabar si Kecil pagi ini? Lalu, apa yang si Kecil lakukan saat ini? Bayi sehat memang perlu melakukan banyak aktivitas yang dapat membantu pertumbuhannya secara optimal. Oleh karena itu, si Kecil perlu dibantu untuk membantu pencapaian pertumbuhan dan perkembangannya tersebut.

Tulang sebagai dasar penopang tubuh si Kecil tentu menjadi hal utama yang perlu Ibu perhatikan demi tercapainya pertumbuhan yang baik. Menjaga kesehatan tulang bayi sehat tidak hanya dari segi makanan yang bernutrisi tinggi saja.

Namun, Ibu memperhatikan beberapa hal yang bisa membuat tulang bayi sehat mengalami kelainan tulang. Oleh karena itu, Ibu perlu melakukan beberapa aktivitas ini agar tulang bayi sehat tetap terjaga.

  • Olahraga bayi

Olahraga tidak hanya dibutuhkan untuk orang dewasa saja dalam rangka menjaga kesehatan badan, tetapi si Kecil yang mungil tentu membutuhkannya. Ibu bisa mengajak si Kecil untuk berjalan kaki, berlari kecil-kecil,  dan berenang. Tentu, kebiasaan olahraga rutin ini bisa membantu memelihara kesehatan tulang bayi sehat selain dengan asupan gizi yang baik.

  • Sepatu yang benar

Bentuk, bahan, dan sol sepatu akan berpengaruh terhadap kesehatan kaki dan persendiaan bayi sehat. Memilih jenis sepatu yang tepat tentu bisa membantu pertumbuhan tulang bayi sehat yang baik. Pilih sepatu yang sesuai dengan usia dan tahap pertumbuhannya seperti sepatu khusus merangkak, merambat, dan berjalan. Pilih ukuran yang lebih besar dari ukuran sepatu yang seharusnya pas di kaki bayi sehat hingga memiliki ruang kosong 1,5 cm.

  • Posisi menggendong dan duduk yang benar

Posisi menggendong tentu memiliki pengaruh yang besar untuk pertumbuhan tulang si Kecil, terutama bayi sehat yang belum genap 1 tahun. Posisi menggendong bayi sehat di samping tubuh Ibu dengan kakinya terentang, tidak baik untuk pertumbuhan tulang kakinya.

Posisi menggendong bayi sehat dengan menopang seluruh bagian tubuhnya secara sempurna dengan tangan adalah cara menggendong bayi yang benar. Begitu juga untuk si Kecil yang sudah bisa duduk, jangan biarkan si Kecil duduk dengan membungkukkan badan dan melipat kakinya membentuk huruf W.

  • Menjemur bayi sehat di pagi hari

Kebiasaan ini memang kebiasaan yang baik sejak dahulu kala. Namua, Ibu perlu memperhatikan beberapa hal dalam menjemur bayi di pagi hari. Jemur si Kecil tidak lebih dari jam 8 pagi dan jangan arahkan mata si Kecil langsung menghadap si Kecil. Menjemur bayi sehat melebihi jam 8 pagi akan membuat si Kecil kehilangan kelembapan kulitnya.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat Ibu lakukan untuk mendukung tulang bayi sehat. Pastikan bahwa setiap aktivitasnya tidak lepas dari bimbingan dan pengawasan orang tua. Semangat, Bu.

 

 

author
No Response

Leave a reply "Lakukan Ini Agar Tulang Si Kecil Sehat"