Latihan-Latihan Menjelang Persalinan Ini Wajib Dicoba

Latihan Menjelang Persalinan

Sudah menjadi keinginan hampir semua ibu hamil agar mereka dapat melahirkan anak mereka secara normal. Akan tetapi, di saat yang sama Anda mungkin tidak dapat menahan rasa takut dan khawatir yang tiba-tiba menyeruak, karena bagaimanapun persalinan normal adalah metode yang cukup susah dan sangat menyakitkan. Tapi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menyambut masa persalinan normal yang tidak terlalu menyakitkan dan berlangsung dengan lancar. Salah satunya adalah dengan giat melakukan latihan-latihan menjelang persalinan.

  • Latihan Pernafasan

Salah satu tahap latihan-latihan menjelang persalinan yang wajib Anda coba mulai dari sekarang adalah mengatur pernafasan Anda. Kepandaian Anda dalam mengatur pernafasan memegang peranan yang sangat penting dalam menjamin kelancaran proses persalinan. Terutama ketika masa persalinan sudah tinggal menghitung beberapa minggu lagi.

Untuk melakukan latihan pernafasan ini, Anda perlu memilih posisi yang paling nyaman untuk Anda, baik posisi berdiri maupun duduk bersila. Setelah Anda menemukan sikap tubuh yang sesuai, angkat kedua tangan perlahan sambil menarik nafas dalam-dalam. Hembuskan secara perlahan sambil menurunkan tangan Anda. Lakukan aktivitas ini secara rutin, minimal sebanyak 20 kali setiap harinya. Selama Anda teratur melakukan olahraga pernafasan ini, maka nafas Anda akan menjadi jauh lebih panjang dan dalam.

  • Senam Kegel

Jenis senam ini sangat populer dan memang disarankan untuk ibu-ibu hamil yang akan melakukan proses persalinan. Senam kegel sangat bermanfaat untuk membantu melatih kekuatan otot-otot pinggul dan otot di organ reproduksi Anda. Dengan otot pinggul dan otot rahim yang kuat, Anda dapat terhindar dari resiko terjadinya wasir, mencegah robeknya otot-otot perineum pada vagina.  Baca juga: Inilah Cara Atasi dan Penyebab Typus Pada Bayi

  • Latihan Jongkok

Tidak hanya latihan untuk memperkuat otot pinggul dan sistem pernapasan saja, otot-otot paha pun juga perlu dilatih sehingga mampu menopang tubuh bagian bawah Anda selama proses persalinan. Untuk melatih otot paha, Anda dapat melakukan gerakan sederhana yaitu dengan berjongkok. Lakukan gerakan berjongkok sebanyak mungkin selama 10 menit setiap harinya. Jangan terlalu cepat melakukan gerakan ini jika Anda khawatir akan jatuh terjengkang. Jika dilakukan secara rutin, secara otomatis otot paha dan betis Anda pun akan menjadi lebih kuat. Ada baiknya juga untuk melakukan olahraga ini di saat Anda tengah bersantai di pagi hari.

Demikianlah rangkaian latihan-latihan menjelang persalinan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms. Dan selamat berlatih.

author
No Response

Leave a reply "Latihan-Latihan Menjelang Persalinan Ini Wajib Dicoba"