Latihan Sederhana Ini Bantu Anak Belajar Berjalan

bayi jalan

Pernahkah Ibu melihat si Kecil mengalami kesulitan saat berlatih berjalan? Perkembangannya yang sudah memasuki usia belajar jalan, kini menjadi momen luar biasa kan Bu. Kelucuan tingkah si Kecil saat belajar jalan menjadi hal yang menggemaskan.

Ibu yang memiliki peranan penting dalam proses perkembangan dan pertumbuhannya, tentu saja perlu memberikan latihan pada si Kecil yang saat ini belajar jalan. Bantu si Kecil untuk melewati masa perkembangannya ini agar ia semakin bersemangat untuk melakukan segala aktivitasnya. Nah, untuk membantu si Kecil belajar jalan, lakukan cara seru berikut ini:

  • Berdiri tegak

Bantu si Kecil untuk berdiri tegak sehingga mampu menjejakkan telapak kakinya dengan mantap tanpa bantuan. Bila si Kecil terjatuh, rangsanglah ia untuk kembali berdiri sendiri. Berikan dukungan pada si Kecil agar dia terus termotivasi untuk belajar berdiri tegak.

Berdiri tegak merupakan tahapan awal saat si kecil mulai belajar berjalan. Ketika melihat benda yang bisa menjadi tumpuannya, maka si Kecil akan berusaha berdiri dan menggapainya meskipun sesekali harus terjatuh. Si Kecil bisa jadi beberapa kali harus menangis, maka terus dorong dia agar melanjutkan latihan berdiri tegak.

  • Pegang tangan

Biarkan si Kecil untuk belajar jalan dengan memegang kedua tangan Anda. Setelah dia berhasil melakukannya, berikan satu tangan Anda sebagai tumpuannya untuk berjalan. Jangan lupa berikan pujian yang mendukung motivasi belajarnya ya, Bu.

Ibu juga bisa sesekali melepaskan pegangan tangannya agar dia mulai terbiasa berdiri tanpa bantuan. Selanjutnya, dampingi ia untuk mempelajari keseimbangan tubuhnya dengan berjalan pelan tanpa pegangan.

  • Berdiri di boks bayi

Latihlah si Kecil belajar jalan dengan menyusuri bagian dalam boks bayi. Cara ini terbilang cukup aman karena apabila ia terjatuh, tubuhnya akan terbentur bantal dan kasur sehingga tidak merasakan sakit. Berikan si Kecil semangat saat ia terjatuh dalam latihan ini agar dia tidak merasa ‘kapok’ untuk meneruskan usahanya.

  • Ambil mainan

Letakkan mainan favoritnya dalam jarak jauh dan biarkan si Kecil berjalan dengan berpegangan pada benda-benda yang bisa menjadi tumpuan, misalnya meja. Hal ini baik untuk membantunya jalan dan menguatkan otot-otot kakinya.

Nah, itulah beberapa latihan ringan untuk si Kecil yang belajar jalan. Jangan lupa untuk selalu memberikan pujian atas usaha keras yang dilakukan si Kecil melalui langkah-langkahnya. Melatih si kecil belajar berdiri memang menyenangkan ya, Bu!

author
No Response

Leave a reply "Latihan Sederhana Ini Bantu Anak Belajar Berjalan"