Lengkapi Dapur dengan Alat Masak Kue Tradisional

Lengkapi Dapur dengan Alat Masak Kue Tradisional

Alat Masak Kue – Siapa sih yang tidak suka dengan sajian kue-kue menarik di rumah? Keluarga pasti akan sangat senang jika Bunda banyak berkreasi membuat menu jajanan yang sehat dan alami sebagai camilan di rumah. Jika keluarga sangat menyukai kue tradisional, Bunda dapat melengkapi peralatan dapur dengan alat masak kue tradisional berikut ini:

1. Cetakan kayu

Alat masak kue yang satu ini seringkali diaplikasikan untuk membuat aneka olahan jajanan pasar seperti kue tok. Cetakan kayu yang digunakan pada kue tok ini memiliki ornamen unik yang pada umumnya berbentuk ikan dengan detail cekungan-cekungan sisik ikan pada bagian dalam alat masak ini. Pertama-tama, Bunda dapat mengolesi cetakan ini dengan minyak goreng, kemudian masukkan adonan kue tok yang sudah jadi. Minyak yang dioleskan pada cetakan ini akan membantu adonan menempel pada cetakan saat akan dilepaskan.

Selain digunakan untuk membuat kue tok, cetakan yang satu ini juga sangat cocok untuk diaplikasikan membuat petula yang menjadi isi jajanan angsle. Alat masak kue yang satu ini terdiri dari bagian lubang tempat mengisi adonan yang kemudian ditekan dengan menggunakan sisi cetakan yang mempunyai tonjolan kayu. Hal ini dilakukan agar adonan dapat keluar melalui lubang-lubang kecil dan berbentuk seperti mie.

 

2. Wajan tanah liat

Peralatan masak kue yang satu ini pada umumnya digunakan untuk menggoreng adonan serabi. Jika Anda ingin membuat adonan serabi yang istimewa, Anda dapat memilih alat masak kue berupa wajan tanah liat yang memiliki permukaan cekungan agak dalam dibandingkan dengan wajan pengorengan lainnya.

Untuk menjaga keawetan alat masak yang satu ini, Bunda dapat merendam wajan tanah liat ke dalam air selama 15 sampai 30 menit sebelum digunakan. Selain itu Bunda juga dapat memberikan alas berupa seng di bawah wajan agar suhu kompor yang panas tidak langsung bersentuhan dengan alat masak ini. Hindarkan pula alat ini untuk direndam dengan air ketika suhu wajan masih panas. Perubahan suhu yang ekstrim dapat menjadikan wajan tanah liat cepat retak.

3. Cetakan besi

Bagi Bunda dan keluarga yang hobi sekali menyantap jajanan basah kue pasar seperti lumpur, wingko, bikang dll tentu saja alat masak kue yang satu ini wajib dihadirkan pada perlengkapan dapur modern Bunda. Meskipun alat masak ini terlihat kuno, tetapi keberadaan alat ini pada rumah modern Bunda akan menghasilkan ragam jajanan desa lezat yang akan membangkitkan selera makan keluarga.

Untuk melakukan perawatan pada alat masak ini, Bundadapat mencuci alat masak kue ini dengan tangan dan menuangkan larutan air hangat yang sudah dicampur dengan air perasan lemon. Bunda juga dapat mencapurkan baking soda ke dalam air lalu menuangkannya pada alat masak berupa cetakan besi ini.

Dengan adanya kelengkapan alat masak kue tradisional di rumah ini, Bunda dapat menghadirkan menu makanan yang sehat, lezat, dan bergizi kapan saja. Jangan lupa untuk menyimpan alat masak kue ini di tempat-tempat yang kering agar peralatan dapur ini tidak mudah berkarat dan berjamur.

author
No Response

Leave a reply "Lengkapi Dapur dengan Alat Masak Kue Tradisional"