Loctagen 3 – Macam-Macam Susu Formula Yang Sesuai Untuk Bayi

susu formulaLoctagen 3 – Teknologi pembuatan sufor (susu formula) boleh dibilang maju pesat; kandungan nutrisinya diiklankan makin mendekati ASI. Apa pun isinya, yang pasti komposisi susu formula harus mengikuti aturan yang dibuat badan dunia yang disebut Codex Alimentarius Comission.

Menurut Codex, senyawa tambahan yang telah terbukti secara ilmiah bermanfaat serta aman dikonsumsi bayi adalah DHA, nukleotida dan taurin.

Tentu sangat penting bagi orang tua dalam menentukan pilihan susu formula untuk bayi yang cocokĀ  sesuai usia dan kebutuhan gizinya. Banyak ketentuan yang harus dipahami oleh para orang tua dalam memilih susu formula maupun pemberian susu formula.

  • Anak usia di bawah 1 tahun tidak boleh minum susu sapi segar karena kandungan natrium, protein dan elektrolitnya tinggi sekali. Organ ginjal bayi di usia ini belum berfungsi sempurna, sehingga jika dipaksa bekerja keras bisa rusak.
  • Kebutuhan susu anak usia di atas 1 tahun juga bisa dari susu sapi cair (pasteurisasi dan UHT). Komposisi asupan makanan pada anak di usia ini adalah 2/3 dari makanan keluarga dan 1/3 dari susu.

Menurut penelitian FDA ( food and drug administration ) Amerika Serikat, susu formula terbagi menjadi 3 jenis.

  • Formula susu kedelai

Sudah dapat ditebak susu ini terbuat dari bahan dasar kedelai. Protein didapatkan dari kedelai. Biasanya, susu jenis ini sangat cocok dan dianjurkan untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi. Untuk masalah nutrisi, anda tidak perlu khawatir, karena nutrisi dari susu formula kedelai ini tidak kalah dibanding susu formula sapi.

  • Formula susu sapi

Susu ini terbuat dari susu sapi. Keungggulannya, susu ini mempunyai kandungan gizi yang seimbang dan lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Akan tetapi, ada kendala yang mungkin mengganjal, yaitu bayi banyak mengalami alergi terhadap susu formula sapi. Bagaimana dengan bayi anda?

  • Formula hidrolisa protein

Perlu anda ketahui, susu formula ini lebih kecil bentuknya apabila dibandingkan dengan formula susu sapi dan kedelai. Hal ini dikarenakan susu ini mengandung protein yang dipecah / hidrolisa. Susu ini sangat cocok untuk diberikan kepada bayi yang alergi / tidak cocok terhadap formula susu sapi dan kedelai.

Sekian artikel yang membahas tentang jenis susu formula dan macam susu formula untuk bayi, semoga saja artikel yang membahas tentang susu formula untuk bayi ini bermanfaat untuk anda yang saat ini menjadi ibu muda. Tentu saja banyak sekali hal-hal yang berhubungan dengan ibu dan balita dalam situs katalogibu.com ini. Semoga saja bermanfaat.

No Response

Leave a reply "Loctagen 3 – Macam-Macam Susu Formula Yang Sesuai Untuk Bayi"