Makanan Bayi – ASI Eksklusif Untuk Anak Berumur 0 – 6 Bulan

ASI

Makanan Bayi – ASI eksklusif adalah pemberian makanan bayi berbentuk ASI (air susu ibu) sedini mungkin setelah persalinan, diberikan tanpa jadwal dan tidak diberi makanan lain, walaupun hanya air putih,sampai bayi berumur 6 bulan. Setelah 6 bulan, bayi mulai dikenalkan dengan makanan bayi lain dan tetap diberi makanan bayi ASI sampai bayi berumur dua tahun.

Tapi sebelumnya, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa sangatlah penting untuk memberikan makanan bayi ASI eksklusif selama 6 bulan? Kewajiban pemberian ASI eksklusif tersebut pun bahkan tercantum dalam pasal ke-6 dari Peraturan Pemerintah (PP) nomor 33/2012 yang ditetapkan pada tanggal 1 Maret 2012. Hmmm, apa ya yang menyebabkan pemberian ASI eksklusif ini sampai diatur oleh negara?

Alasannya adalah karena pemerintah mengikuti rekomendasi dari WHO (World Health Organization) yang menyarankan agar ibu menyusui bayinya selama 6 bulan untuk menjamin optimalnya kesehatan bayi sekaligus membantu mencegah terbentuknya alergi. Selain itu ASI eksklusif juga memiliki komposisi yang cukup sederhana untuk organ pencernaan bayi yang masih rentan. Ditambah lagi ASI mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan bayi di bulan-bulan awal kehidupannya.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan hasil menarik bahwa dengan menerima ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi akan mengalami penurunan tekanan darah dan kolesterol, penurunan prevalensi diabetes melitus tipe 2, dan juga menghindari obesitas pada bayi saat ia beranjak remaja dan menginjak usia dewasa.

Bayi yang diberikan makanan bayi ASI secara esklusif cenderung lebih sering pemberian ASI-nya daripada pemberian pada bayi yang minum susu formula. anak yang baru lahir biasanya setiap 2 sampai 3 jam disusui oleh ibunya.

Semakin bertambah usianya, waktu atau jarak antara menyusui akan meningkat karena kapasitas perut mereka menjadi lebih besar. Sebaliknya, bayi baru lahir yang hanya mengenal susu formula akan memulai minum susu formula kira-kira setiap 3 sampai 4 jam selama beberapa minggu pertama kehidupan.

Daripada menggunakan jam sebagai panduan untuk memberi makanan bayi Anda, lebih baik perhatikan isyarat bahwa dia sudah kenyang ketika Anda memberinya ASI atau susu formula. Ini lebih penting bahwa Anda memperhatikan petunjuk atau sinyal dari bayi Anda yang menunjukkan dia lapar. Ini disebut isyarat kelaparan.

Ketika dia ingin makanan, mungkin dia akan meletakkan kedua tangan atau jari pada mulutnya, membuat gerakan mengisap, menjulurkan lidahnya, memukul bibirnya, menendang atau menggeliat, atau mulai menggerakan rahang dan mulut atau kepala untuk mencari payudara Anda. Jika ia mulai menangis, ini biasanya sinyal akhir bahwa dia ingin makanan.

MAKANAN ANAK UMUR 0 – 6 BULAN

1. Pemberian kolostrum
Kolostrum adalah ASI yang keluar pada hari-hari pertama, kental dan berwarna kekuning-kuningan. Kolostrum mengandung zat-zat gizi dan zat kekebalan yang tinggi.

2. Pemberian ASI saja/ ASI Eksklusif
Kontak fisik dan hisapan bayi akan merangsang produksi ASI terutama pada 30 menit pertama setelah lahir. Pada periode ini ASI saja sudah dapat memenuhi kebutuhan gizi bayi. Perlu diingat bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk anak. Menyusui sangat baik untuk anak dan ibu. Dengan menyusui akan terbina hubungan kasih sayang antara ibu dan anak.

No Response

Leave a reply "Makanan Bayi – ASI Eksklusif Untuk Anak Berumur 0 – 6 Bulan"