Makanan Ini Bantu Proses Pemulihan Setelah Operasi Caesar

diet-after-cesarean-delivery

Bagi seorang ibu yang baru saja menjalani proses persalinan dengan operasi Caesar pastinya mengalami rasa sakit yang menyiksa, terutama di area bekas sayatan. Anda juga harus memulihkan stamina Anda agar Anda dapat menyusui buah hati Anda. Tak hanya beristirahat yang cukup, Anda juga perlu memperhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Karena bergantung dari makanan yang Anda santaplah Anda dapat menentukan sendiri seberapa cepat proses pemulihan setelah operasi caesar.
• Makanan Ini Bantu Proses Pemulihan Setelah OperasiMengkonsumsi Makanan Yang Mudah Dicerna Oleh Tubuh
Selama proses pemulihan setelah operasi caesar, Anda perlu tahu bahwa di dalam perut Anda masih tersisa gas dalam perut. Menyantap makanan yang berminyak dan susah dicerna seperti mie, nasi, atau makanan olahan lain dapat membuat produksi gas dalam perut meningkat. Akibatnya adalah ketidaknyamanan dan konstipasi. Sedangkan proses mengejan saat buang air besar pasti akan menambah nyeri bekas luka operasi Anda, kan?

Maka dari itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi makanan berserat dan makanan yang lebih mudah dicerna oleh tubuh seperti sup sayur hangat, keju cottage, kaldu ayam, dan yoghurt.
• Mengkonsumsi Makanan Kaya Protein
Anda juga dapat membantu pemulihan sel-sel jaringan tubuh lebih cepat dengan mengkonsumsi makanan kaya akan protein. Makanan yang sangat direkomendasikan bagi ibu hamil adalah produk ikan, telur, daging ayam, produk susu, daging, dan kacang-kacangan. Selain protein, makanan-makanan di atas juga mengandung berbagai macam nutrisi lain seperti kalsium, asam lemak omega 3, dan zinc. Makanan tersebut juga sangat mudah dicerna sehingga dapat membantu mengatasi perut bergas dan konstipasi, yang sering sekali dialami oleh ibu yang baru dalam masa pemulihan pasca operasi caesar.
• Mengganti Nasi Putih Dengan Oats
Dibandingkan dengan nasi putih, menyantap oatmeals jauh lebih direkomendasikan. Oatmeals kaya akan zat besi, kalsium, protein, karbohidrat, dan serat. Kandungan serat dalam oatmeals dapat membantu Anda merasa lebih kenyang tanpa membebani organ pencernaan Anda. Anda juga terhindar dari resiko konstipasi.Sedangkan, oatmeals jika dipadukan dengan buah-buahan dapat membantu Anda agar lebih berenergi sepanjang hari.
• Meminum Larutan Kunyit
Kunyit sudah lama diketahui memiliki khasiat sebagai zat antibodi, yang tidak hanya membantu memperkuat sistem antibodi tubuh dalam melawan virus dan bakteri. Tetapi, kunyit juga dapat membantu meredakan pembengkakan dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, kunyit juga mengandung berbagai macam mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti magnesium, mangan, potassium, serat, vitamin C, dan vitamin B6.
Semoga proses pemulihan setelah operasi caesar Anda berlangsung lancar, Moms!

author
No Response

Leave a reply "Makanan Ini Bantu Proses Pemulihan Setelah Operasi Caesar"