Makanan Tepat Ibu Hamil Saat Berpuasa

No comment 1435 views

Makanan Tepat Ibu Hamil Saat Berpuasa

Ibu hamilBerpuasa untuk Ibu Hamil Muda khususnya Puasa Ramadhan tentu masih menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan. Kewajiban tersebut tidak akan gugur selama sang ibu masih mampu untuk menjalani ibadah puasa tersebut. Namun apabila Ibu Hamil Muda tersebut mengalami mual muntah berlebihan dan membuat kondisi terlalu lemas, lebih baik berpuasa ditunda terlebih dahulu.

Ibu Hamil Muda terutama di trimester pertama biasanya akan mengalami perubahan hormonal yang mengakibatkan naiknya produksi asam lambung, dan memicu rasa mual dan muntah dan menggangu metabolisme tubuh. Muntah terus berulang, meningkatkan resiko kekurangan nutrisi dan dehidrasi. Padahal pada usia kehamilan ini, adalah pembentukan otak dan jaringan saraf pada janin didalam kandungan.

Ibu hamil konsumsi Ikan Salmon

Ikan ini sarat akan kandugan protein, omega 3, asam lemak, dan juga kalsium. Dengan banyaknya kandungan gizi pada ikan ini, membuat ikan salmon menjadi slah satu jenis ikan yang direkomendasikan saat sedang hamil. Ikan dianggap menu efektif yang kaya protein dan asam lemak omega-3 yang sangat berguna bagi pembentukan otak janin. Tetapi Anda harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi.Kurangi asupan lemak tinggi terutama daging merah, karena dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dalam tubuh.

Ibu hamil konsumsi Beras merah

Alasannya adalah karbohidrat pada beras merah cukup kompleks sehingga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan beras putih. Selain itu, beras merah juga mengandung serat sehingga akan sangat baik untuk mengurangi gejala sembelit yang biasanya muncul pada ibu di awal kehamilan.

Ibu hamil konsumsi Brokoli dan kacang merah

Kedua makanan ini dikenal sebagai sumber zat besi non heme iron. Wanita yang sedang hamil muda sangat rentan kekurangan darah. Jika dibiarkan akan membuat calon ibu susah untuk beraktivitas secara normal.

Ibu hamil konsumsi Sereal Oat

Bagi para ibu hamil sebaiknya mengonsumsi oat karena lebih sehat dan rendah lemak dan merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Selain mengandung karbohidrat kompleks, oat juga memiliki kemampuan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang mengandung sereal atau oat ini tiap hari.

Ibu hamil konsumsi Susu dan Produk Olahannya

Berbagai macam produk susu diperlukan untuk menjamin ibu hamil cukup protein dan mineral. Protein sangat penting bagi pertumbuhan jaringan baru bayi dan memperbaiki jaringan rusak, pembentukan otot, jaringan dan untuk transportasi oksigen ke janin. Produk susu juga mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang. Susu kedelai mengandung jumlah yang cukup vitamin D dan dapat dimasukkan dalam makanan. Contoh lainnya adalah Susu Skim. Banyak sekali jenis susu salah satunya adalah susu skim. Susu ini berbeda dengan yang lain karena mengandung lebih banyak protein, kalsium, dan vitamin B12 yang diperlukan para ibu hamil. Atau juga bentuk lain seperti yogurt. Makanan ini terkenal dengan kandungan lemaknya yang rendah dan kaya akan kalsium yang baik untuk tulang.

Ibu hamil konsumsi Buah-buahan

Jus jeruk dianjurkan selama kehamilan karena mengandung vitamin C yang diperlukan untuk kekebalan tubuh dan memerangi infeksi. Buah seperti pisang dan apel baik dimakan sebagai cemilan di antara waktu makan untuk menjaga energi tetap stabil. Asupan makanan kaya zat besi membantu dalam mencegah anemia.

Ibu hamil konsumsi Sayuran Hijau

Bayam, Kangkung atau sayuran hijau yang lain bermafaat bagi sistem metabolisme darah. Sayuran berdaun hijau seperti bayam yang kaya zat besi dibutuhkan untuk pembentukan hemoglobin dalam tubuh manusia. Hemoglobin mengangkut oksigen ke sel-sel tubuh dan memberikan energi. Sayuran hijau juga mengandung mineral yang dibutuhkan ibu dan janin.

author
No Response

Leave a reply "Makanan Tepat Ibu Hamil Saat Berpuasa"