Masalah Kulit Saat Hamil dan Cara Tepat Mengatasinya

Masalah Kulit Saat Hamil dan Cara Tepat Mengatasinya

Masalah kulit saat hamil – Pada saat hamil wanita mengalami berbagai macam perubahan salah satunya adalah perubahan kulit. Faktor yang menyebabkan perubahan kulit pada ibu hamil biasanya disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen, progesteron dan adanya peregangan kulit akibat tubuh yang kian membesar.

Dengan adanya perubahan hormon tersebut biasanya sering terjadi masalah kulit saat hamil. Masalah kulit saat hamil akan mengakibatkan ibu hamil merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi masalah kulit tersebut ibu hamil harus melakukan perawatan yang ekstra.

Kenali beberapa masalah kulit saat hamil berikut dan cara mengatasinya :

Macam – macam masalah kulit saat hamil

1.Jerawat

Masalah kulit saat hamil yang pertama yaitu jerawat, biasanya banyak dialami oleh ibu hamil akibat perubahan hormon. Biasanya muncul di trimester pertama karena produksi hormon estrogen meningkat. Timbulnya jerawat akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman karena rasa gatal yang sangat mengganggu. Untuk menghindari jerawat biasakan untuk membersihkan wajah sehabis bepergian dan jauhi makanan berlemak.

2. Gatal – gatal dan iritasi

Iritasi saat hamil disebabkan oleh pergesekan kulit ketika berat badan Anda bertambah sehingga muncul di lipatan-lipatan seperti di bawah payudara, perut, selangkangan dan ketiak. Iritasi tersebut dapat menyebabkan rasa gatal sehingga mengganggu aktivitas ibu hamil. Rasa gatal akan bertambah parah bila daerah iritasi digaruk. Untuk mengurangi masalah kulit saat hamil seperti ini, ibu hamil bisa mengoleskan body lotion atau body butter. Namun jika tidak mempan, Anda harus pergi ke dokter.

3. Stretchmark

Masalah kulit yang satu ini sering terjadi pada ibu hamil, stretchmark yaitu tanda parut berupa gurat-gurat putih di permukaan kulit. Masalah kulit ini disebabkan oleh peregangan kulit secara cepat, seperti pada kehamilan atau naiknya berat badan yang terjadi secara drastis sehingga merusak jaringan di dalam kulit.

Stretchmark yang terjadi pada masa kehamilan umumnya berwarna merah jambu dan lebar, kemudian berangsur berubah menjadi garis tipis warna putih atau kecokelatan. Untuk mengatasi stretchmark oleskan krim pelembap yang bertujuan untuk menjaga elastisitas kulit.

4. Selulit

Selulit biasanya muncul di permukaan kulit berupa gelombang bak kulit jeruk. Masalah kulit saat hamil ini biiasanya terjadi di paha, bokong, perut, pinggul, betis dan lengan. Selulit terjadi akibat peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron secara drastis, sehingga tubuh menghasilkan ekstra lemak yang disimpan untuk melindungi janin.

5. Linea Nigra

Linea Nigra atau biasa disebut garis kehamilan yaitu berupa gurat perut berwarna kecokelatan yang membujur vertikal mulai dari pusar ke bawah. Garis kehamilan tersebut terjadi akibat perubahan hormon selama kehamilan yang meningkatkan produksi melanin.

6. Ruam

Masalah kulit saat hamil selanjut nya yaitu ruam, masalah kulit ruam satu ini juga sangat umum terjadi selama kehamilan Anda bun. Ruam ini juga disebabkan oleh kelembaban dari keringat yang berlebihan atau gesekan kulit terhadap pakaian bun. Masalah kulit ruam sendiri menyebabkan gatal-gatal dan ketidaknyamanan.

Ruam ini juga sebagian besar terjadi pada lipatan antara dan di bawah payudara, paha bagian dalam dan daerah kemaluan bun. Untuk cara mengatasi masalah kulit ruam pada ibu hamil ini yaitu dengan mandi air hangat, lalu menghindari penggunaan parfum, lotion dan sabun yang keras atau juga sabun yang memiliki PH tinggi, dan jaga tubuh bunda agar tetap kering dengan memkai pakaian katun yang tidak ketat, namun jika bunda sudah terkena penyakit ruam ini, cara mengtasi nya yaitu dengan mengompress uam tersebut dengan air dingin, dan oleskan calamine lotion.

7. Melasma atau Chloasma

Masalah kulit saat hamil selanjut nya yaitu melasma atau chloasma, melasma ini sendiri merupakan penggelapan kulit yang biasanya terjadi pada dareah dahi, pipi dan dagu. Peningkatan kadar melanin karena perubahan hormonal menyebabkan terjadinya kondisi ini bun. Nah, untuk cara mencegah masalah kulit pada ibu hamil melasma atau chloasma ini yaitu dengan menghindari keluar rumah pada sore hari bun, di karenak di saat itu lah sinar mataharilagi terik terik nya, lalu gunakan tabir surya juga dengan SPF tinggi bun, nah namun jika bunda sudah mengalami masalah kulit ini, cara mengatasi nya yaitu dengan mengoleskan campuran santan dan bubuk kunyit, lalu cuci dengan air hangat setelah 10 menit pembasuhan bun.

Untuk mengatasi masalah kulit saat hamil tersebut Anda harus banyak minum air putih dan makan sayur – sayuran. Tidak lupa juga untuk mengonsumsi buah – buahan yang kaya akan vitamin C. Baca juga : Ibu Hamil, Yuk Obati Batuk dengan Cara Alami Ini

author
No Response

Leave a reply "Masalah Kulit Saat Hamil dan Cara Tepat Mengatasinya"