Melahirkan di Rumah Sakit, Klinik Bersalin Atau di Rumah?

Melahirkan di Rumah Sakit, Klinik Bersalin Atau di Rumah?

Sebentar lagi, ya, sebentar lagi Anda akan melewati bulan ke-9 dan hari dimana Anda akan menjalani proses persalinan dan bertemu dengan buah hati Anda semakin dekat. Di sela-sela rasa bahagia dan haru serta mungkin sedikit rasa waswas yang menyeruak, muncullah pertanyaan: “Sebaiknya melahirkan di rumah sakit, klinik bersalin, atau di rumah?”

Bagaimana dengan Anda, Moms? Jika Anda memiliki pilihan, akankah Anda melahirkan di rumah sakit, klinik bersalin, atau di rumah? Walaupun sepele dan terdengar mudah, Anda perlu memperhitungkan berbagai macam aspek lho. Setiap lokasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi alangkah baiknya untuk menilai dari segala sisi sebelum memutuskan.   Baca juga: Yuk, Simak Gejala Bronkitis Pada Anak dan Cara Mengatasinya

  • Melahirkan di Rumah 

Melahirkan anak di rumah sendiri pada umumnya menjadi pilihan utama dari ibu yang akan melangsungkan proses bersalin. Alasannya adalah suasana rumah yang familiar dan seringkali membantu ibu untuk lebih rileks sehingga proses persalinan pun diharapkan dapat berlangsung lancar.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih proses persalinan di rumah. Salah satunya adalah tentang kondisi kandungan Anda. Persalinan di rumah berarti Anda tidak dikelilingi oleh peralatan medis yang memadai, terlebih lagi jika rumah Anda terletak cukup jauh dari rumah sakit. Sehingga Anda benar-benar harus memastikan bahwa kondisi kehamilan Anda benar-benar sehat tanpa adanya komplikasi.

  • Melahirkan di Rumah Sakit

Walaupun suasana rumah sakit memang jauh berbeda dari suasana di rumah, ibu hamil akan merasa jauh lebih tenang saat melahirkan di rumah sakit, karena ia mengetahui bahwa ia dikelilingi oleh tenaga medis berpengalaman dan juga dengan peralatan medis yang modern, memadai dan lebih terjamin tingkat kebersihannya.

Jenis ibu hamil yang sangat disarankan untuk melakukan persalinan di rumah sakit adalah Anda yang melakukan operasi caesar, twin pregnancy, atau bagi Anda dengan kondisi kehamilan yang bermasalah, seperti posisi bayi sungsang, kelahiran prematur, atau kendala medis yang lain.

  • Melahirkan di Klinik Bersalin

Beberapa ibu hamil tidak terlalu nyaman atau tidak memiliki cukup biaya untuk melakukan persalinan di rumah sakit, namun di saat yang sama mereka ingin kepastian bahwa mereka akan mendapatkan perlakuan medis yang dibutuhkan selama proses persalinan. Nah, jika demikian Anda dapat memilih melakukan persalinan di klinik bersalin.

Di klinik bersalin, Anda akan dibantu oleh bidan-bidan berpengalaman dengan suasana ruang yang tidak seformal dan sekaku seperti di rumah sakit. Di saat yang sama, klinik bersalin juga dilengkapi dengan peralatan medis yang cukup memadai untuk membantu proses persalinan. Selain itu, kebanyakan klinik bersalin kini berafiliasi dengan rumah sakit, sehingga jikapun terjadi hal-hal tak terduga, Anda dapat dengan cepat memperoleh pertolongan dengan dirujuk ke rumah sakit.

Jadi Moms, pilih melahirkan di rumah sakit, klinik bersalin, atau di rumah?

author
No Response

Leave a reply "Melahirkan di Rumah Sakit, Klinik Bersalin Atau di Rumah?"