Memandikan Bayi Pakai Air Dingin? Cermati 5 Hal Ini

Memandikan Bayi Pakai Air Dingin? Cermati 5 Hal Ini

Tips memandikan bayi – Untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya, bayi harus dimandikan dengan menggunakan air dingin. Namun kebanyakan orang tua malah khawatir untuk memandikan bayinya menggunakan air dingin. Padahal Memandikan bayi dengan air dingin akan lebih bersih dan sangat baik bagi kesehatan dibandingkan dengan menggunakan air hangat.Mandi air dingin akan meningkatkan metabolisme tubuh bayi untuk meningkatkan produksi panas tubuh yang hilang saat mandi air dingin.

Namun memandikan bayi yang baru lahir menggunakan air dingin sangat tidak disarankan karena kulit bayi masih sangat tipis dan pengaturan suhu tubuh bayi tidak stabil.

Sebenarnya memandikan bayi dengan air dingin tidak ada syarat – syarat tertentu, namun bunda harus menyesuaikan dengan kondisi fisik bayi sebelum memandikannya dengan air dingin. Yang paling tepat memandikan bayi dengan air dingin saat usia bayi 6 bulan, pada usia tersebut bayi sudah mulai kuat dan bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Kondisi lain yang memungkin bayi untuk dimandikan dengan menggukan air dingin yaitu mempunyai berat minimal 2,5kg pada saat lahir dan tidak merupakan bayi prematur.

Untuk bayi yang terlahir prematur bisa diperkenalkan mandi dengan air dingin saat usianya lebih dari 6 bulan. Di usia tersebut, bayi prematur sudah membentuk fisik yang sempurna dan daya tahan tubuhnya sudah kuat.

Memandikan bayi menggunakan air dingin juga tidak boleh asal – asalan. Untuk itu bunda harus memperhatikan tips memandikan bayi berikut :

Tips memandikan bayi dengan air dingin

1. Langkah pertama siapkan air dingin pada bak mandi bayi, kemudian ceburkan bayi secara perlahan mulai dari kakinya.

2. Jika si kecil menangis tambahkan sedikit – demi sedikit air hangat hingga air tidak terlalu dingin.

3. Jika si kecil sudah mulai tenang, mandikan bayi mulai dari bagian kepala kemudian lanjut ke bagian badan, tangan, hingga kaki.

4. Setelah selesai memandikan, segara keringkan bayi menggunakan handuk.

5. Lakukan dengan cepat paling lama 3 menit untuk bayi yang baru awal dimandikan dengan air dingin.

Nah, itulah tips memandikan bayi yang harus bunda ikuti di rumah. Biasakan si kecil untuk mandi dengan air dingin agar badannya sehat, kemudian bunda juga bisa mengurangi tingkat kehangatan air secara bertahap. Selamat mencoba! Baca juga : 8 Makanan Terbaik Perangsang Pertumbuhan Rambut Bayi

author
No Response

Leave a reply "Memandikan Bayi Pakai Air Dingin? Cermati 5 Hal Ini"