Mencuci Selimut Anak Berdasarkan Jenisnya

No comment 2924 views

Mencuci Selimut Anak

Mencuci selimut anak – Selimut adalah bagian dekorasi kamar anak yang pasti ada di setiap rumah, fungsinya untuk melindungi tubuh dari gigitan nyamuk, udara dingin, menambah kenyamanan beristirahat dan mempercantik ruangan kamar tidur anak. Untuk membuatnya tetap terlihat cantik dan bersih, kondisi selimut anak harus selalu dijaga, dirawat, dan dicuci dengan benar.

Untuk mencuci penghangat tidur anak ini, Anda perlu mengetahui cara dan tips khusus berdasarkan jenis dan bahan pembuat selimut seperti wol, katun, bulu, dan sebagainya. Jika ingin mencuci selimut anak hari ini, simak dulu cara perawatannya yang dibedakan berdasarkan bahan pembuatannya berikut:

  • Selimut Kapas

Selimut anak berbahan kapas sebaiknya tidak dicuci dengan mesin supaya kondisinya tetap bagus seperti baru. Putaran mesin cuci memang dapat membantu melarutkan noda dan kotoran, namun juga menyebabkan kapas jadi menggumpal. Cucilah dengan campuran air dan ½ cangkir cuka yang dimasukkan ke dalam bak atau ember besar. Biarkan selama beberapa menit sebelum Anda mencuci perlengkapan tidur anak tersebut sampai bersih.

Setelah dicuci bersih, sebaiknya Anda juga tidak mengeringkannya dengan bantuan mesin pengering, tetapi jemur selimut kapas di bawah sinar matahari agar kering secara alami. Cara ini dapat membantu mempertahankan kondisi selimut anak tetap utuh dan baik.

  • Selimut Berbulu

Berbeda dengan bahan kapas, selimut berbulu justru perlu dicuci menggunakan mesin cuci dengan putaran ringan. Saat mengeringkanpun sebaiknya menggunakan kecepatan yang ringan, meskipun akan membutuhkan waktu yang lebih lama namun tidak merusak tekstur selimut berbulu tersebut. Untuk mengeringkannya secara keseluruhan, letakkan benda ini di bawah sinar matahari langsung dan pastikan selimut benar-benar kering sebelum Anda menyimpan atau menggunakannya kembali.

Selain untuk menjaga kebersihan, mencuci selimut bulu secara berkala juga dimaksudkan supaya Anda tidak terlalu berat ketika membersihkannya. Proses pencucian yang kuat dan berat justru dapat merusak tekstur selimut anak dan menghilangkan kelembapan alami dari bahan bulu yang digunakan. Tidak mau kan, bulu-bulu yang lembut ini menjadi kasar dan tidak nyaman lagi untuk si Kecil?

  • Selimut Wol

Pada dasarnya, proses pencucian selimut wol hanya memerlukan kecepatan mesin cuci yang rendah, putaran mesin cuci yang lambat serta air dingin karena suhu panas dapat merusak kondisi barang dekorasi kamar anak tersebut sehingga berkerut, kusut dan kasar. Deterjen yang digunakan pun sebaiknya khusus untuk mencuci bahan wol, karena mengandung formula yang lebih lembut dan aman.

Sebelum mencuci selimut anak berbahan wol Anda perlu mencari “hari baik”, dalam arti hari yang sedang cerah, saat matahari bersinar terang tanpa ada mendung. Hal ini dimaksudkan supaya benda dekorasi kamar anak tersebut benar-benar kering terkena udara panas matahari.

Itulah beberapa cara perawatan selimut anak berdasarkan bahan dasar yang digunakan. Hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukannya adalah perbedaan kecepatan mesin cuci, cara mencuci dan cara mengeringkannya. Jika semua aspek ini diperhatikan dengan baik, kebersihan dekorasi kamar anak Anda akan senantiasa terjaga dan tetap terawat. Siap mencuci selimut anak hari ini?

author
No Response

Leave a reply "Mencuci Selimut Anak Berdasarkan Jenisnya"