Mengajak Bayi Berenang; Berenang Baik Untuk Bayi?

47.-Manfaat-Berenang-bagi-Bayi

Moms mungkin sering melihat video di situs YouTube dimana seorang ibu mengajak bayinya untuk berenang. Dan mungkin, banyak ibu hamil yang terkejut dan ngeri melihatnya. Bayi memang sering digambarkan sebagai bentuk kehidupan yang rentan sehingga harus diperlakukan sehati-hati mungkin. Dan walaupun demikian, ternyata tidak ada salahnya juga untuk melatih bayi berenang. Nah, apakah benar berenang baik untuk bayi? Simak ulasannya berikut ini.
Istilah infant swimming memang tidak terlalu dikenal di antara para ibu di Indonesia. Jadi tidak mengherankan jika banyak dari Anda yang bertanya-tanya tentang apakah berenang baik untuk bayi? Ternyata di negara-negara maju, sudah banyak orangtua yang membawa serta bayi mereka untuk berenang bahkan saat bayi mereka berusia di bawah 6 bulan. Terdengar nekat ya?
Kenyataannya, bayi sebenarnya memiliki gerakan refleks menendang hingga mereka berusia 6 bulan. Refleks tersebut akan sangat membantu mereka untuk berenang. Anda pastinya akan dibuat kagum dengan kemampuan bayi Anda yang ternyata bisa langsung berenang di kolam renang. Tapi tetap saja, Anda perlu mendampinginya selama ia berenang, Moms!
Dan Anda pastinya sudah mengetahui manfaat dari berenang untuk ibu hamil. Nah, sekarang Anda juga perlu tahu apa saja manfaat yang bisa bayi Anda dapatkan dari kegiatan infant swimming ini. Yang pertama, berenang dapat menjadi media yang sempurna untuk melatih dan memperkuat otot-otot tubuh dan sistem koordinasi bayi Anda. Selain itu berenang juga melatih otot-otot organ jantung dan paru-paru sehingga bayi Anda memiliki jantung dan paru-paru yang kuat.
Penelitian juga membuktikan bahwa ternyata berenang juga memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan bayi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak usia sekolah yang berenang saat ia masih bayi cenderung lebih pandai berhitung dan menangkap materi pembelajaran di sekolah. Berenang juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan bayi dan membantunya untuk tidur lebih nyenyak saat malam hari.
Dan yang lebih penting lagi, memperkenalkan olahraga berenang pada bayi Anda akan dapat menyelamatkan nyawanya. Anda mungkin pernah mendengar anak balita yang mati tenggelam setelah terjatuh ke dalam kolam renang atau kolam ikan di rumahnya. Nah, tragedi mengenaskan tersebut dapat dihindari jika semenjak bayi ia sudah dibekali dengan ilmu berenang.
Jadi, berenang baik untuk bayi? Jawabannya adalah ya! Yuk, ajak bayi Anda untuk berenang mulai dari sekarang.

author
No Response

Leave a reply "Mengajak Bayi Berenang; Berenang Baik Untuk Bayi?"