Mengubah Kebencian Anak Terhadap Sayuran

tips sehatTips Sehat – Sayuran adalah salah satu makanan yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh anak. Selain itu, sayur juga sangat baik untuk menjaga agar tubuh anak tetap sehat. Tapi, apa yang harus dilakukan jika ternyata si kecil tidak suka sayur?

Meskipun menyehatkan, ternyata tidak semua anak menyukai sayur. Mereka cenderung menolak dan menutup mulut saat disuruh makan sayur. Jelas hal ini akan membuat para ibu jadi kerepotan dalam memenuhi nutrisi yang dibutuhkan si kecil.

Para ibu mengaku khawatir dan kebingungan karena si kecil tidak mau makan sayur. Ibu khawatir kebutuhan gizi anak tidak bisa tercukupi. Akibatnya, perkembangan tubuh anak terganggu dan jadi mudah terserang penyakit.

  • Anda harus memberi contoh. Karena anak sangat suka meniru, mencontoh apa yang ada disekelilingnya, maka untuk makan sayuran Andalah yang jadi role mode-nya. Jika ada anggota keluarga yang tidak suka sayuran, biasanya anak juga akan begitu. Karena apa? karena ada yang dia contoh.
  • Bila perlu, buatlah jadwal menu sayuran yang berganti-ganti tiap harinya. Selain sayurnya yang berbeda, cara memasaknya juga berbeda. Sekarang sup sayuran, besok telur dadar sayuran, besoknya nugget sayuran, besoknya lagi sayur bening bayam, dst.
  • Terakhir adalah Anda jangan pernah putus asa membujuk anak agar ia mau makan sayur. Disini juga kita (para orang tua) dituntut lebih kreatif lagi. Selain cara-caranya yang kreatif, menunya juga harus kreatif. Syukur kalau bunda atau para ibu rajin bereksperimen menciptakan menu atau resep-resep baru khususnya untuk si kecil.
  • Bertahap dan berulang. Perkenalkan sayur sejenis demi sejenis, sedikit demi sedikit dan berulang-ulang. Pada usia ini, si kecil dalam fase negativistik, yaitu menolak makan karena ingin menunjukkan keakuannya. Kalau hari ini menolak brokoli, tawarkan padanya di lain waktu. Yang penting berikan dalam porsi, ukuran dan tekstur yang pas untuk mulutnya. Jangan pernah bosan memberinya sayuran tanpa paksaan.
  • Sayuran aneka warna, indah bak pelangi. Anda bisa mulai dari satu jenis warna dulu. Atau, buatlah hidangan seperti sup sayuran warna-warni berisi wortel, buncis, jagung, kacang merah. Ajak ia makan sambil menyebut satu persatu warna sayuran yang ada di mangkuknya.
No Response

Leave a reply "Mengubah Kebencian Anak Terhadap Sayuran"