Mengungkap Fakta dibalik Mitos Seputar Bayi Bayi Baru Lahir

Mengungkap Fakta dibalik Mitos Seputar Bayi Bayi Baru Lahir

Bayi baru lahir – Mitos memang tidak bisa lepas dalam segala aspek kehidupan yang beredar di masyarakat, hal ini memang sedikit membuat galau, disaat kita berusaha berfikir positif namun beberapa hal memang dapat dibenarkan. Kehadiran bayi baru lahir tentu saja membuat kita sebagai orang tua merasa bahagia apalagi jika bayi lahir dengan keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.

Namun sebagai ibu khususnya jika Anda merupakan ibu baru kadangkala menimbulkan kekhawatiran tersendiri, bagaimana tidak? Mitos seputar bayi baru lahir yang meneror Anda membuat bingung dengan kebenarannya. Apalagi jika yang memberitahukan adalah orang tua kita sendiri, tapi ada beberapa mitos yang sebenarnya tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Lalu bagaimana kita menanggapi dengan berbagai mitos tersebut? Berikut mitos dan fakta seputar bayi baru lahir yang harus Anda ketahui.

Mitos dan fakta bayi baru lahir

1. Jika menjemur baju bayi baru lahir melebihi waktu maghrib akan mengakibatkan penyakit
Fakta : Mitos ini memang benar jika Anda menjemur baju bayi tersebut di halaman rumah, karena pada jam – jam sore menuju malam ini banyak serangga – serangga kecil yang tubuhnya tertempel serbuk sari waktunya berkeliaran. Jika serangga tersebut menempel pada baju bayi Anda tentu saja akan menyebabkan penyakit seperti gatal – gatal, bersin – bersin dan pilek.

2. Pemakaian gurita pada bayi dapat mencegah bayi perut buncit
Fakta : Ini merupakan salah satu mitos yang salah, bayi baru lahir memang perutnya terlihat lebih besar dan buncit namun seiring bertambahnya usia bayi perut bayi tersebut akan mengecil dengan sendirinya. Dan sebenarnya penggunaan gurita harus dihindari karena dapat membuat bayi susah napas.

3. Membedong bayi agar kaki tidak bengkok
Fakta : Kaki bayi yang baru saja lahir memang bengkok karena berkaitan dengan posisi bayi ketika berada di dalam kandungan ibunya. Namun ketika tulangnya sudah mulai kuat nanti pasti akan normal dan tidak bengkok lagi.

4. Tidak boleh mengajak bayi keluar dari rumah sebelum usianya 40 hari
Fakta : Hal ini memang benar karena bayi baru lahir mempunyai daya tahan tubuh yang sangat rendah, jadi dikhawatirkan hal ini akan membuat bayi terserang virus atau kuman. Jadi lebih baik Anda bersabar hingga bayi benar – benar kuat setidaknya telah menjalani imunisasi awal.

Mitos seputar bayi baru lahir memang tidak semuanya benar namun beberapa mitos memang harus dipatuhi, jika Anda masih ragu dengan mitos yang beredar lebih baik berkonsultasi pada dokter. Baca juga : Kebenaran Mitos Menyusui yang Harus Anda Tau!

author
No Response

Leave a reply "Mengungkap Fakta dibalik Mitos Seputar Bayi Bayi Baru Lahir"