Menjaga Fisik dan Mental Selama Proses Kehamilan

berenang untuk proses kehamilan dan persalinan lancarProses Kehamilan – Namanya saja latihan fisik. Maka, kadar latihan fisik bagi tingkat mahir atau orang yang terbiasa berolahraga, tak bisa disamakan dengan pemula alias yang jarang berolahraga. Bagi si mahir, jalan kaki keliling kompleks rumah dirasa tidak mencukupi. Sementara bagi pemula, jangankan bersenam, berjalan kaki keliling kompleks sudah membuatnya terengah-engah.

Jadi, semua itu sangat tergantung pada kemampuan fisik dan mental ibu hamil. Apa yang perlu dicermati ketika menjelang persalinan? Kesiapan mental dan fisik adalah yang paling penting. Hilangkan stres selama mengalami proses kehamilan, dan juga jagalah fisik dengan berenang secara rutin untuk menjaga kesehatan fisik ibu selama proses kehamilan.

Persiapan dalam sektor psikologi dan mental ketika menjelang pesalinan sangatlah penting bagi ibu hamil. Demi menjaga kesehatan fisik maupun mental ibu hamil menjelang persalinan sangatlah penting. Selama proses kehamilan ibu hamil harus benar-benar menyiapkan fisik maupun mental agar persalinan yang akan dilakukan jadi lancar.

Hindari stres adalah salah satu cara terbaik selama proses kehamilan dan juga persalinan jadi lancar. Jika ibu mengalami stres, janin dalam kandungan akan mengalami gangguan kesehatan juga. Maka dari itu penting sekali ibu hamil menjaga kesehatan mental agar tidak terjadi stres dan mengganggu proses kehamilan ibu. Dalam menjaga kesehatan selama proses kehamilan, ibu juga dapat melakukan olah raga seperti renang.

para ahli kesehatan menyatakan bahwa berenang merupakan salah satu olahraga terbaik bagi ibu hamil. Berenang sangat baik sebab sangat bagus melatih otot otot besar (kaki dan tangan). Memberi manfaat bagi kinerja jantung dan juga mempermudah menurunkan berat badan bagi ibu hamil yang over weight. Selain itu olahraga berenang dapat menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi.

Namun meskipun demikian disarankan ibu hamil setiap 15 menit sekali minum satu gelas air selama melakukan olahraga renang dan satu gelas setelah selesai. Olahraga berenang sendiri bisa dilakukan ibu hamil selama 30 menit dalam sehari. Gaya dada cocok dilakukan oleh ibu hamil karena tidak membutuhkan banyak putaran seperti pada gaya bebas juga hanya membutuhkan tenaga yang minim.

Selain itu gaya punggung juga baik dilakukan oleh ibu hamil saat renang karena air dapat mengurangi efek gravitasi pada tubuh dan dengan posisi terlentang menghindari resiko terganggunya aliran darah.

No Response

Leave a reply "Menjaga Fisik dan Mental Selama Proses Kehamilan"