Moms, Agar Asi Melimpah Ikuti Tips Berikut, Yuk!

Katalogibu – Susu ibu atau biasa disebut dengan ASI sangat penting untuk mendukung perkembangan bayi, terutama untuk bayi yang baru saja di lahirkan. Hampir semua Moms menyusui, akan mengkhawatirkan apakah bayi moms akan mendapatkan ASI yang cukup atau tidak. Yang akhirnya moms bertanya-tanya bagaimana ya cara agar Asi Melimpah? Berikut Tipsnya untuk moms.

 

  • Penuhi Nutrisi

Penuhi menu sehari-hari moms dengan makanan yang kaya akan sumber protein nabati maupun sumber protein hewani. Contoh makanan yang kaya akan sumber protein nabati antara lain kacang-kacangan, brokoli, jagung dan juga bayam. Sedangkan makanan yang mengandung sumber protein hewani antara lain ikan teri, susu dan berbagai produk olahannya, ikan salmon, daging ayam dan juga daging merah.

 

  • Perbanyak Minum Air Putih

Moms yang sedang menyusui pastinya lebih banyak membutuhkan cairan untuk tubuhnya. Moms yang sedang menyusui juga tidak boleh malas untuk minum agar Asi yang diproduksi banyak. Setidaknya moms yang menyusui membutuhkan asupan air paling tidak sebanyak 3 liter dalam sehari. Jangan sampai moms mengalami dehidrasi.

 

  • Konsumsi Sayur dan Buah

Bila selama ini mom tidak menyukai sayur sebaiknya moms segera membiasakan diri untuk mengonsumsi sayur-sayuran agar ASI Melimpah. Sayur-sayuran sangat baik untuk mendorong produksi ASI. Adapun sayur-sayuran yang baik untuk dikonsumsi moms ketika masa menyusui adalah sayur-sayuran yang berwarna seperti wortel, kangkung, bayam, sawi hijau, tomat, daun katuk, dan sayuran sejenis lainnya.

 

Selain sayur, buah yang segar juga bisa menjadi pilhan moms untuk dikonsumsi. Sebaiknya ketika makan buah lakukanlah pada saat perut masih kosong atau belum terisi. Usahakan makan buah setengah jam sebelum makan. Contoh buah-buahan untuk mendukung produksi asi diantaranya semngka, pepaya, jambu air dan masih banyak lagi.

 

  • Menambah Frekuensi Pemberian ASI

Pemberian ASI pada bayi dengan berulang-ulang sebaiknya dilakukan saat bayi baru lahir. Bayi yang baru lahir biasanya akan diletakkan pada payudara, ini ditujukan membantu merangsang keluarnya ASI. Untuk para moms yang baru pertama kali melahirkan sebaiknya lebih sering meletakkan bayi pada payudara agar lebih mudah merangsang produksi ASI.

 

  • Hindari Stres

Seringkali stres menjadi pemicu sedikitnya produksi ASI yang dihasilkan. Oleh sebab itu moms, jangan terlalu memikirkan suatu hal yang dapat menambah beban pikiran hingga menghambat produksi ASI. Walaupun ini seringkali dipandang sepele, tetapi stres seringkali menganggu pikiran, terlebih bagi moms yang produksi ASI nya sedikit. Moms sebaiknya menghindari faktor apa saja yang membuat stres karena akan berpengaruh pada produksi ASI

 

Itulah tips buat moms agar produksi Asi Melimpah. Semoga dengan adanya informasi tersebut dapat membantu moms yang sedang mengalami kurangnya produksi ASI.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Agar Asi Melimpah Ikuti Tips Berikut, Yuk!"