Moms, Apa Saja Tanda-Tanda Anak Autis?

Immobilier

Setiap orangtua tentu menginginkan anaknya terlahir dalam keadaan sempurna tanpa kekurangan apapun. Walaupun begitu dalam beberapa kasus, tidak jarang terdapat kejadian dimana sang anak terlahir sempurna secara fisik namun belakangan diketahui memiliki gejala disabilitas syaraf otak. Salah satu gejala kelainan mental yang sering terjadi pada anak-anak adalah autisme. Autisme adalah suatu disorder atau kelainan pada perkembangan otak anak-anak. Umumnya autisme disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik, dan tanda-tanda anak autis mulai bisa dideteksi saat anak mulai menginjak umur 18 bulan atau umur 2 tahun.

 
Penderita autisme memang akan memikul beban tersebut seumur hidupnya. Namun, semakin cepat Anda menangkap tanda-tanda anak autis maka akan semakin cepat pula Anda dapat merencanakan tindakan medis yang dapat diambil untuk memperkecil dampaknya terhadap kehidupan anak kelak.Gejala autisme pada anak berbeda-beda dan sepenuhnya bergantung pada tahap keparahannya. Tapi secara garis besar, anak autis menunjukkan tanda-tanda berikut ini:

 
• Pada Bayi dan Balita
– Bayi atau balita Anda selalu menghindari kontak mata dengan Anda atau siapapun
– Bayi atau balita tidak merespons saat mendengar namanya disebut, atau saat ia mendengar suara orang yang dirasa familiar
– Tidak mengikuti arahan jari Anda saat Anda menunjuk sesuatu
– Tidak membuat suara apapun untuk menarik perhatian Anda
– Tidak menunjukkan keinginan untuk dipeluk, dan tidak minta untuk digendong
– Tidak menirukan ekspresi atau gerakan Anda
– Menunjukkan minat yang kecil saat diajak bermain
– Tidak mengoceh atau melakukan ‘baby talk’ di usia lewat dari 12 bulan

 
• Pada anak-anak
– Mengalami kesulitan berhubungan dengan teman-teman seusianya
– Tidak peka terhadap peristiwa yang terjadi di sekitarnya
– Terlihat kurang tertarik berbagai ketertarikan atau pencapaian dengan teman-temannya
– Tidak menyukai sentuhan dan gendongan, bahkan dari orangtuanya sendiri
– Mengalami kesulitan dalam memahami atau mengekspresikan perasaan
– Seakan hidup di dunianya sendiri dan tidak terlalu merespons ketika ia diajak berbicara

 
Selain gejala di atas, anak-anak penyandang autisme umumnya juga menunjukkan kesulitan dalam hal berbicara. Umumnya mereka berbicara dengan nada yang aneh, contohnya seperti mengakhiri tiap kalimat dengan nada seakan ia sedang bertanya. Ia juga gemar mengulang-ulang satu kata tanpa ada maksud untuk berkomunikasi, dan selalu menggunakan kosa kata yang salah. Mereka juga umumnya menggunakan kata ganti orang ketiga pada diri mereka sendiri. Anak autis juga cenderung susah paham saat diberikan arahan atau perintah sederhana.

 
Demikianlah beberapa tanda-tanda anak autis. Walaupun anak Anda telah terdiagnosis dengan gejala autisme, jangan bersedih Moms. Karena dengan bimbingan yang tepat dan penuh kesabaran, bahkan anak autis pun dapat berkembang layaknya anak pada umumnya.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Apa Saja Tanda-Tanda Anak Autis?"