Moms, Berikut Tips Aman Menggendong Bayi!

Katalogibu – Memiliki bayi merupakan hal yang menggembirakan. Terutama bagi orang tua baru, beberapa hal seringkali membingungkan, termasuk cara menggendong bayi baru lahir. Kegiatan menggendong bayi pasti akan menjadi aktivitas rutin yang dilakukan oleh para mama muda nantinya hingga usia bayinya sudah lebih dari tiga bulan. Mari kita simak Tips Aman Menggendong Bayi untuk moms.

Menggendong bayi terutama yang baru lahir, pastilah menakutkan bagi seorang moms baru. Tubuh bayi yang mungil seolah-olah sangat rapuh. Jangan takut dan ragu dengan sedikit belajar dan keyakinan diri pasti kita bisa menggendong bayi dengan luwes. Yakinlah dengan kemauan, maka beberapa saat kemudian maka naluri keibuan akan semakin membantu memudahkan moms dalam menggendong.

Waktu yang baik menggendong bayi adalah saat menidurkan, menenangkan, hendak menyusui. Di luar itu, sebaiknya bayi ditaruh dalam boksnya. Suasana hati moms saat menggendong harus baik, agar tujuan menggendong membuat bayi aman, nyaman, dan merasakan kasih sayang moms tercapai. Saat menggendong, usap, tepuk-tepuk, bersenandung. Ini berguna untuk perkernbangan emosinya.

Hal yang harus dilakukan pertama yaitu, moms bisa menyelipkan satu tangan ke bagian leher bayi untuk menyangga kepalanya. Langkah Selanjutnya, letakkan tangan lainnya di bagian belakang tubuh bayi untuk menopang punggung dan bokongnya. Bagian kepala, leher, dan punggung bayi agar nyaman bisa diletakkan di lipatan siku tangan kiri atau kanan.

Ketika bayi sudah memasuki usia tiga bulan, moms bisa meletakkannya di pangkuan dengan posisi bayi duduk. Kalau sudah memasuki usia empat bulan, posisi si kecil sudah bisa lebih luwes lagi, bisa digendong dengan menghadap ke arah depan, belakang ataupun berhadapan. Lalu pada usia lima bulan, disarankan untuk menggunakan kain gendongan, sebab tubuh bayi pada usia ini sudah semakin berat.

Saat masuk usia enam bulan tulang dan otot bayi sudah semakin kuat, jadi beragam posisi untuk menggendongnya pun bisa moms coba. Dengan didudukkan di bagian depan dada dengan satu tangan menyangga bokongnya dan tangan lain melingkar di bagian perutnya misalnya. Selain itu, bisa juga dengan posisi duduk, bagian tubuh bayi setengah berhadapan dengan badan moms

Di usia delapan bulan ini, tulang belakang si kecil sudah cukup kuat dan lehernya sudah cukup baik menopang kepalanya. Karena tubuh bayi juga semakin besar, jadi gendongan juga harus kuat. Untuk itulah, menggendong buah hati cukup sesekali saja. Sisanya, biarkan bayi mengeksplorasi kemampuan ingin tahunya serta lingkungan dan lain sebagainya.

Bagaimana moms apakah dengan mengetahui Tips Aman Menggendong Bayi moms yang baru saja melahirkan sudah tidak takut lagi ketika menggendong bayinya?

author
No Response

Leave a reply "Moms, Berikut Tips Aman Menggendong Bayi!"