Moms, Catat Cara Merawat Bayi Kembar Berikut Ini, yuk!

Cara Merawat Bayi Kembar

Cara Merawat Bayi Kembar – Memiliki buah hati adalah anugerah terindah bagi setiap wanita. Dan jika bayi yang dikandungnya merupakan anak kembar, tentunya kegembiraan yang dirasakan juga menjadi dua kali lipat, Moms. Tapi membayangkan kita akan menggendong dua bayi yang imut, dan bagaimana mereka tumbuh, rasanya sangat menyenangkan. Well, bayi kembar berarti lebih bekerja keras, sih.

Apabila mengandung satu bayi di dalam perut saja sudah merupakan perjuangan berat bagi seorang wanita. Bagaimana jadinya jika sang ibu mengandung dua atau lebih bayi sekaligus, ya? Sebelum Anda terburu-buru merencanakan membeli pakaian kembar dan kereta dorong ganda, sebaiknya intip cara merawat bayi kembar sejak masih ada di dalam kandungan seperti yang dijelaskan berikut ini, yuk!

  • Menjaga asupan untuk 3 perut

Kehamilan ganda tentunya membutuhkan tambahan kalori berkali lipat dari biasanya. Ibu yang hamil kembar, setidaknya butuh 2500 kalori per hari. Dan pastikan Anda mengonsumsi 5 – 7 porsi buah dan sayuran. Usahakan menjaga berat badan tetap normal, setidaknya 37 -54 pound, ya, Moms.

  • Jangan mencemaskan perut Anda

Dan selama masa kehamilan kembar, banyak ibu yang mengungkapkan kecemasannya terhadap ukuran perut mereka. Jangan membandingkan ukuran perut Anda dengan ibu hamil yang ada di sekitar Anda. Bentuk dan ukuran perut ibu hamil tidak sama antara yang satu dengan yang lain. So, tenanglah.

  • Usahakan tetap bergerak aktif

Anda memang akan lebih mudah merasa lelah, karena mengandung bayi kembar. Tapi sebaiknya Anda menjaga tubuh untuk tetap aktif bergerak, Moms. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko terhadap diabetes gestasional. Konsultasikan dengan dokter, berapa banyak aktivitas fisik yang disarankan.

  • Berbaringlah pada sisi tubuh Anda

Para dokter kandungan biasanya akan menganjurkan ibu yang hamil bayi kembar untuk berlatih tidur di salah satu sisi tubuh setelah 20 minggu. Dengan semakin membesarnya rahim, dapat berisiko menekan pembuluh darah yang mengalirkan darah ke jantung sang ibu. Ini bisa menyebabkan ibu lemah.

  • Persiapkan segalanya sejak awal

Sekitar 60 % bayi kembar dilahirkan sebelum usia 37 minggu. Dan hanya 10 % yang lahir sebelum usia 32 minggu. Komplikasi utama bayi terlahir premature memang sering terjadi di kehamilan kembar, Moms. Karena itu, sebaiknya persiapkan segala kemungkinan kelahiran bayi kembar Anda sejak awal, ya?

Nah, itulah tadi beberapa cara merawat bayi kembar selama masa kehamilan, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Catat Cara Merawat Bayi Kembar Berikut Ini, yuk!"