Moms, Ikuti Tips Mengatasi Bayi Rewel saat Tumbuh Gigi Yuk

Tips Mengatasi Bayi Rewel saat Tumbuh GigiSeorang bayi yang hadir di tengah keluarga tentunya memberikan kebahagiaan tersendiri bagi orangtua. Menyaksikannya tumbuh besar secara bertahap menjadi momen mengharukan dan juga membanggakan. Terutama saat bayi mulai berusia 6 bulan, dimana ia mulai memiliki gigi pertamanya. Akan tetapi tidak jarang hal tersebut menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi sehingga mengakibatkan bayi menjadi rewel. Untungnya Anda dapat mengikuti tips mengatasi bayi rewel saat tumbuh gigi berikut.

  • Memberikan Teether

Salah satu tips mengatasi bayi rewel saat tumbuh gigi yang paling mudah adalah dengan memberikannya teether. Teether adalah mainan bayi yang dirancang khusus untuk membantu meredakan peradangan gusi akibat gigi yang tumbuh. Bayi dapat menyalurkan rasa gatal akibat iritasi gusi tersebut dengan menggigit mainan ini. Teether pada umumnya berisi air atau gel sehingga memberikan bantalan yang nyaman untuk gigi bayi yang sedang tumbuh.  Baca juga: Latihan-Latihan Menjelang Persalinan Ini Wajib Dicoba

Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan serta higienitas dari alat permainan ini. Sebelum memberikan teether pada bayi, bersihkan teether secara menyeluruh terlebih dahulu untuk mencegah kuman berbahaya masuk ke dalam tubuhnya.

  • Memberikan Finger Food

Bayi yang berusia 6 bulan sudah mulai memasuki masa menyapih sehingga Anda sudah mulai dapat mengenalkan makanan semi padat dan padat untuk dikonsumsi olehnya. Untuk bayi yang rewel karena gigi tumbuh, Anda dapat memberikan camilan finger food, yaitu sayuran bertekstur keras seperti mentimun dan wortel yang diiris sesuai dengan ukuran genggaman bayi. Perhatikan ukuran dari finger food agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil, karena dapat mengakibatkan bayi tersedak.

Dan juga, walaupun Anda akan merasa sangat tergoda, jangan memberikan makanan-makanan manis seperti cokelat, es krim, dan permen. Makanan-makanan tersebut justru dapat merusak gigi bayi.

  • Mengusap Gusi

Anda juga dapat meredakan kerewelan bayi Anda dengan mengusap-usap gusi dengan menggunakan jari tangan Anda. Usapkan salah satu jari Anda secara lembut dan perlahan-lahan pada gusi bayi tempat gigi bayi tumbuh. Gerakan sederhana tersebut terbukti mampu membantu membuat bayi merasa lebih nyaman dan mengurangi rewelnya.

  • Konsultasikan Dengan Dokter

Apabila nyeri gigi yang diderita bayi berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan Anda takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda dapat mengkonsultasikan keadaan bayi Anda ke dokter. Dengan demikian dokter dapat membantu menentukan jenis perawatan sekaligus obat yang dapat dikonsumsi oleh bayi Anda. Jangan coba-coba untuk melakukan pengobatan obat sendiri ya, Moms.

Semoga tips mengatasi bayi rewel saat tumbuh gigi ini membantu Anda.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ikuti Tips Mengatasi Bayi Rewel saat Tumbuh Gigi Yuk"