Moms, Ini Cara Ampuh Menaikkan Berat Badan Bayi

No comment 493 views

menaikkan berat badan bayi

Sebagai orangtua yang baru saja dikaruniai oleh kelahiran anak, tentu Anda dan pasangan akan merasakan kebahagiaan yang teramat sangat. Akan tetapi, rasa bahagia tersebut bisa jadi diiringi dengan perasaan khawatir ketika Anda mengetahui bahwa berat badan bayi Anda berada di bawah berat badan bayi normal. Anda dan suami pun pastinya langsung bertanya kesana kemari untuk mendapatkan tips dan cara ampuh menaikkan berat badan bayi.

  • Hindari Memberikan Makanan Padat

Saat Anda bertanya pada kerabat atau teman-teman Anda, Anda tentu pernah mendengar bahwa memberi makan bayi dengan makanan padat adalah cara ampuh menaikkan berat badan bayi. Padahal hal tersebut sangat berbahaya dan dapat mengancam nyawa bayi Anda, terutama jika bayi Anda belum mencapai usia 6 bulan.

Alasannya adalah, karena bayi Anda masih terlalu muda dan sistem pencernaannya pun belum mampu untuk mencerna makanan-makanan padat. Bayi Anda juga belum memiliki gigi untuk mengunyah makanan padat tersebut, sehingga jika Anda terburu-buru memberikan makanan padat pada bayi Anda, makanan tersebut bisa-bisa menyangkut di tenggorokan bayi dan mengakibatkan bayi tidak dapat bernapas.

Satu-satunya cara terbaik untuk menambah berat badan bayi dengan usia di bawah 6 bulan adalah dengan memberikannya asupan full ASI selama 6 bulan.

  • Jaga Kualitas ASI

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Moms, makanan dari bayi dengan usia di bawah 6 bulan yang sesuai hanyalah ASI. ASI mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat membantu tumbuh kembang bayi, dan di saat yang sama juga dapat menambah berat badan bayi.

Untuk memastikan bahwa bayi Anda mendapatkan semua nutrisi yang ia butuhkan, Anda perlu memperhatikan konsumsi makanan dan minuman Anda. Sayuran hijau, buah-buahan, daging, dan asupan makanan yang lain dapat membantu Anda untuk memproduksi ASI dengan kualitas terbaik. Selain itu, di usianya yang masih sangat muda tersebut sangatlah penting bagi bayi Anda untuk banyak menyusui. Untuk itu, Anda juga perlu memastikan bahwa jumlah ASI yang tersedia dapat memenuhi kebutuhan bayi.

Untuk melancarkan aliran ASI, Anda dapat mengkonsumsi sayuran hijau dengan kandungan kalsium yang tinggi seperti daun katuk. Selain itu, Anda juga dapat melakukan pemijatan halus pada payudara Anda saat menyusui. Anda juga dapat mengompres payudara Anda dengan air hangat selama menyusui untuk membantu melancarkan aliran ASI.

Demikianlah beberapa cara ampuh menaikkan berat badan bayi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ini Cara Ampuh Menaikkan Berat Badan Bayi"