Moms, Ini Cara Memotong Kuku Pada Bayi Yang Benar

Close up of mum cutting babies nails

Agar bayi tidak mudah sakit, sangatlah penting bagi orangtua untuk menjaga kebersihan tubuh buah hati. Tidak hanya teratur memandikannya, kuku bayi juga perlu diperhatikan. Kuku bayi yang panjang dan runcing tidak hanya menjadi sarang dari kuman penyebab penyakit tetapi juga berpotensi menyebabkan bayi melukai diri sendiri. Satu-satunya cara adalah dengan memotong kuku bayi, tapi bagaimanakah cara memotong kuku pada bayi yang benar?
Walaupun ibu menyadari betapa pentingnya merawat kebersihan kuku bayi, seringkali ibu juga merasa tidak tega untuk memotong kuku bayi karena takut tindakannya tersebut akan melukai buah hatinya. Atau ada kalanya Anda mengalami kesulitan gara-gara bayi Anda tidak bisa diam dan menolak saat Anda akan memotong kukunya. Memotong kuku pada bayi memang bukan perkara mudah. Tapi asalkan Anda mengetahui cara memotong kuku pada bayi yang benar maka tak ada hal satupun yang harus Anda khawatirkan.
• Menggunakan Gunting Kuku Khusus
Untuk memperkecil kemungkinan bayi terluka selama Anda menggunting kukunya, sebaiknya Anda menggunakan alat pemotong kuku yang memang secara khusus didesain untuk memotong kuku bayi. Gunting kuku ini memiliki ukuran dan bentuk mata gunting yang lebih kecil dibandingkan dengan gunting kuku reguler. Gunting kuku ini dapat ditemukan di toko yang menjual peralatan bayi.

Setiap akan menggunakan alat gunting ini, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu dengan cairan alkohol dengan kandungan alkohol sebesar 70%. Hal itu ditujukan untuk membunuhkuman dan bakteri yang menempel di gunting kuku.
• Pilih Waktu Yang Tepat
Pertanyaan kedua adalah kapan waktu yang tepat untuk menggunting kuku bayi? Pemilihan waktu ini juga sangatlah penting. Memotong kuku bayi di saat jam-jam aktif akan membuat bayi menolak dan memberontak. Waktu terbaik adalah saat bayi terlelap tidur. Bayi yang sedang tertidur lelap tidak akan bergerak terlalu banyak sehingga akan memudahkan tugas Anda.

Atau Anda juga bisa memotong kuku bayi usai bayi mandi. Setelah mandi, tekstur kuku bayi pun akan menjadi lebih lunak sehingga Anda dapat memotongnya dengan lebih mudah dan lebih cepat. Jangan lupa juga untuk memilih ruangan dengan pencahayaan yang cukup terang saat memotong kuku bayi.
• Jangan Memotong Kuku Bayi Terlalu Pendek atau Terlalu Panjang
Nah, bagian ini mungkin akan terasa sedikit sulit. Saat memotong kuku bayi Anda perlu sangat berhati-hati agar kuku si kecil tidak terlalu pendek, atau terlalu panjang. Pemotongan kuku bayi yang terlalu pendek bisa menyebabkan bayi merasa sakit pada bagian jarinya. Sedangkan kuku yang masih terlalu panjang dapat mengakibatkan bayi tergores oleh kukunya sendiri. Secukupnya saja ya, Bunda.
Demikianlah beberapa tips dan cara memotong kuku bayi yang benar. Semoga informasi ini bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ini Cara Memotong Kuku Pada Bayi Yang Benar"