Moms, Ini Cara Mencegah Retina Mata Robek Saat Persalinan

 Cara Mencegah Retina Mata Robek Saat Persalinan

Setelah masa kehamilan 9 bulan lamanya, tibalah Anda di masa kehamilan akhir atau trimester ketiga. Dan pastinya Anda merasakan kebahagiaan yang tiada tara namun di saat yang sama Anda juga merasakan perasaan cemas dan takut akan resiko-resiko persalinan yang mungkin akan terjadi. Salah satu permasalahan persalinan yang harus diwaspadai adalah retina mata robek saat persalinan. Bagaimanakah cara mencegah retina mata robek saat persalinan?

Cara mencegah retina mata robek saat persalinan sangat penting untuk diketahui karena walaupun kasus ini tidak terlalu santer dibandingkan dengan gangguan kehamilan lain seperti kelahiran sungsang atau kelahiran prematur, gangguan satu ini cukup berpengaruh terhadap kenyamanan penglihatan ibu, bahkan tidak jarang mengakibatkan kebutaan.  Baca juga: Simak Perkembangan Janin Usia 23 Minggu Yang Mengagumkan

Retina mata dapat robek ketika ada aktivitas mengejan yang terlalu intens. Anda tentu juga merasakannya, bukan? Ketika Anda mengejan saat proses persalinan, maupun ketika Anda mengejan saat buang air besar karena konstipasi, Anda akan merasakan otot bagian mata akan ikut menegang. Semakin kencang Anda mengejan, maka akan semakin tegang otot tersebut dan ujung-ujungnya dapat mengakibatkan mata sobek.

Gejala yang timbul sebagai tanda bahwa retina mata Anda robek adalah pandangan Anda menjadi kabur dan ada kalanya Anda melihat adanya benda-benda kecil yang mengambang, yang bisa berupa organel atau serpihan jaringan. Dan dalam kasus yang ekstrim bisa juga Anda mengalami kebutaan di salah satu bola mata yang mengalami kerobekan retina.

Robeknya retina mata tidak memandang bulu dan bisa terjadi pada hampir semua perempuan dari berbagai usia dan suku. Akan tetapi yang paling berisiko terkena retina sobek adalah perempuan yang memiliki gangguan penglihatan seperti miopi atau rabun jauh dengan ukuran minus antara 4-7. Selain itu, gangguan ini juga bersifat genetik, yaitu Anda memiliki resiko tinggi mengalami retina robek jika di dalam garis keluarga Anda memiliki kerabat dengan riwayat pernah terkena ablasio retina ini.

Cara mencegah retina mata robek saat persalinan yang terbaik dan dapat Anda lakukan mulai sekarang adalah dengan mengurangi faktor-faktor yang menyebabkan Anda mengejan terlalu kencang, seperti konstipasi atau mengangkat benda yang terlalu berat. Apabila Anda memiliki rabun jauh dengan minus yang cukup tinggi sebaiknya Anda rajin berkonsultasi dengan dokter mata maupun dokter kandungan untuk membantu menemukan metode persalinan yang aman untuk kesehatan mata Anda.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ini Cara Mencegah Retina Mata Robek Saat Persalinan"