Moms, Ini Cara Mendidik Anak Sesuai Umur

Hispanic father reading book to daughter

Hispanic father reading book to daughter

Mendidik anak untuk menjadi pribadi yang baik dan berguna untuk sekitarnya sudah seharusnya jadi misi utama bagi setiap orangtua. Mendidik tidak hanya diwujudkan dengan mengajarkan nilai-nilai luhur dan nilai-nilai agama pada anak, tapi juga bagaimana Anda memperlakukan anak Anda. Kedua aspek tersebut akan membentuk karakter anak Anda dan ia akan membawanya hingga ia dewasa nanti. Oleh karena itu, Anda wajib tahu cara mendidik anak sesuai umur.
• Usia 0-7 Tahun
Cara mendidik anak sesuai umur sudah bisa dimulai saat usia bayi berkisar antara 0-7 tahun. Hal pertama yang harus Anda ajarkan adalah kasih sayang dan kelemahlembutan. Dengan kata lain, Anda dilarang keras untuk membentak apalagi memukul. Mengeluarkan terlalu banyak larangan juga sebaiknya tidak dilakukan, karena hal tersebut dapat mengakibatkan kemampuan otak anak Anda tidak berkembang secara maksimal.

Jika anak Anda membuat kesalahan, peringatkanlah dengan suara yang lembut dan tegas, dan sekali lagi, jangan membentak atau memukulnya. Di usianya yang sangat muda ini, sel-sel otak anak Anda mengalami perkembangan yang sangat cepat, dan suara keras bernada negatif sedikit saja diketahui dapat merusak atau mengganggu sel-sel otak tersebut.
• Usia 7-14 Tahun
Di rentang usia ini, anak Anda sudah mulai diperkenalkan betapa pentingnya tanggung jawab dan kemandirian. Mulai biasakan anak Anda untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah sederhana, seperti mencuci piring, mencuci dan menyetrika pakaiannya sendiri, dan membantu Anda memasak di dapur. Dan tentu saja pelajaran hidup ini tidak boleh hanya diberlakukan pada anak perempuan saja, tetapi juga pada anak laki-laki Anda.

Dan tetap saja, jika anak Anda melakukan pelanggaran Anda dilarang keras untuk membentak apalagi menggunakan kekerasan. Memarahi anak Anda di depan saudara-saudaranya juga sebaiknya jangan dilakukan. Hal tersebut sama saja dengan memperlakukan anak dan dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan dirinya. Peringatkanlah anak Anda dengan tegas, atau berlakukan hukuman yang disetujui baik oleh Anda dan anak Anda.
• Usia 15-21 Tahun
Usia 15-21 tahun merupakan usia pubertas, dimana tidak hanya anak Anda mengalami perkembangan fungsi organ seksual, tetapi juga perkembangan kepribadian. Di usia ini, anak Anda sedikit demi sedikit mulai mengalami transisi menjadi individu yang berbeda. Ia sudah mulai mencari jati dirinya sendiri, dan konflik dengan Anda pun bisa jadi mulai meruncing di sini.

Untuk menghadapi seorang remaja yang tengah berada di fase pemberontaknya, Anda perlu memperlakukannya sebagai seorang sahabat. Jadilah pendengar yang baik untuknya dengan meluangkan waktu Anda untuk mendengarkan masalahnya. Saat memberinya nasihat pun janganlah membawa sikap menghakimi, melainkan berikan ia sudut pandang lain dari masalah dan memberikan ia kesempatan untuk mengambil keputusan sendiri.

Demikianlah beberapa cara mendidik anak sesuai umur. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ini Cara Mendidik Anak Sesuai Umur"