Moms, Ini Lho Tanda-Tanda Baby Blues Syndrome

Mengenal-Baby-Blues-Syndrome-dan-Gejalanya-1

Istilah Baby Syndrome pastinya tak lagi terdengar asing di telinga Anda. Sindrom ini memang tergolong sindrom psikologis yang cukup sering menimpa ibu yang baru saja melahirkan. Ibu yang mengalami sindrom ini akan mengalami beberapa gejala menyerupai depresi, yang umumnya akan berlangsung selama 14 hari setelah persalinan. Dalam banyak kasus, jika ibu yang terkena baby blues menerima dukungan dan bantuan yang ia butuhkan maka seharusnya baby blues syndrome tersebut akan berakhir dalam jangka waktu 2 minggu. Namun, apabila dibiarkan saja bukan tidak mungkin ibu akan menderita depresi berkepanjangan yang berujung pada Post-Partum Depression. Peristiwa pembunuhan bayi oleh ibunya seringkali disebabkan karena ibu menderita depresi tingkat akut atau Post-Partum Depression. Nah, maka dari itu sangatlah penting untuk mengetahui apa saja tanda-tanda Baby Blues Syndrome?
Tanda-tanda Baby Blues Syndrome yang paling terlihat menonjol adalah ibu mengalami perubahan mood yang drastis. Ibu akan lebih mudah merasa lelah, gampang tersinggung, dan mudah menangis. Ibu juga cenderung menarik diri dari bayi dan terlihat enggan dalam mengurus bayinya. Ibu juga sering terlihat murung dan menarik diri dari interaksi dengan keluarga dan teman-temannya.
Penyebab dari Baby Blues Syndrome ini ada 2, yaitu faktor hormonal dan faktor psikis. Saat seorang ibu baru saja menjalani persalinan, hormon-hormon kewanitaan di tubuhnya seperti hormon estrogen dan hormon progesteron mengalami penurunan dan hal tersebut secara tidak langsung mengakibatkan mood swing pada ibu.
Sedangkan faktor psikis seringkali dipicu karena ibu baru menyadari bahwa mengurus anak sama sekali jauh dari bayangan idealnya. Pola hidup ibu terpaksa harus berubah secara drastis dan ia juga harus belajar untuk mengurus suami, dirinya sendiri, dan anak. Jika ia tidak memperoleh bantuan dan dukungan moral dari suami atau kerabatnya, rutinitas tersebut lambat laun akan membuat ibu menjadi lelah, dan semakin tenggelam dalam perasaan ketidakmampuannya.
Setelah mengetahui tanda-tanda Baby Blues Syndrome di atas, apa yang bisa dilakukan agar ibu dapat melalui sindrom ini dengan lebih mudah? Jika Anda adalah seorang ibu yang mengalami Baby Blues Syndrome, maka berhentilah untuk terlalu menyalahkan diri sendiri. Menjadi seorang orangtua yang baik adalah proses pembelajaran, dan sama seperti proses belajar yang lain, Anda pasti akan menemui berbagai macam kesulitan. Namun jika Anda berhasil mengandung bayi Anda selama 9 bulan, maka Anda pun akan dapat membesarkan anak Anda dengan baik. Dan yang paling penting, carilah dukungan dari suami, keluarga, atau teman-teman Anda. Anda pasti dapat melaluinya. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ini Lho Tanda-Tanda Baby Blues Syndrome"